Khatam Al – Qur’an MDTA TAU -AM, Walinagari AMS Herizon Harapkan Bacaan Al – Qur’an Membudaya Setiap Rumah dan Lingkungan

  • Whatsapp

Lubuk Sikaping, Minangkabaunews.com – Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) TAU-AM Jorong Ambacang Anggang, Nagari Aia Manggih Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Minggu (19/5) pagi menyelenggarakan acara Khatam Al-Qur’an di MDTA tersebut.

MDTA TAU-AM ini mulai mengkhatamkan santri nya sejak tahun 2003 lalu. Awalnya MDTA ini dikelola oleh Ibunda Rahmah (Alm Ni Piak Tam), bersama Hendra dan Hendri selaku Kepala MDTA dan guru mengaji di Madrasah tersebut.

“Khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan hari ini merupakan Khatam angkatan ke-21 tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah santri sekarang ini sekitar 90 orang. Adapun jumlah santri yang khatam Al-Qur’an hari ini merupakan santri kelas IV sebanyak 16 orang, terdiri dari 3 Santriwan dan 13 orang Santriwati,” ujar Hendri selaku Kepala MDTA TAU-AM dalam laporannya.

Salah seorang perwakilan dari orang tua santri, H. Ai Darmadi menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Pengelola dan tenaga pendidik yang ada di MDTA ini.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada seluruh majelis guru yang telah membimbing, dan mengajarkan anak-anak kami. Mulai dari tidak tahu akan tulis baca Al-Qur’an, dan kini dinyatakan lulus ujian, hingga bisa melaksanakan Khatam Al-Qur’an hari ini,” katanya.

Acara Khatam tersebut dihadiri oleh, Wakil Ketua DPRD Pasaman Danny Ismaya Sandaran, Wali Nagari Aia Manggih Selatan Herizon, Ketua Bamus dan Sekretaris Ade Suryadi dan Hendri, Da’i Nagari Dera Kurnia, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, orang tua santri dan, santriwan – santriwati MDTA TAU-AM Nagari Aia Manggih Selatan.

Mengawali sambutannya, Danny Ismaya Sandaran menyampaikan ucapan selamat kepada anak-anak santri yang hari ini akan melaksanakan Khatam Al-Qur’an angkatan ke-21.

“Suatu kebanggan tersendiri bagi kami mewakili ninik mamak atas capaian anak-anak santri hari ini, jadikan khatam Qur’an ini sebagai tonggak awal mempelajari Al Qur’an beserta isi kandungannya, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari, teruslah membaca Al Qur’an untuk merebut Syafaatnya,” kata Danny Ismaya Sandaran yang juga Wakil Ketua DPRD Pasaman Dapil I tersebut.

“Saya mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Nagari, Bamus, Da’i Nagari bersama rombongan, serta seluruh unsur masyarakat, serta orang tua santri karena telah hadir ditengah-tengah kita untuk bersama mengikuti kegiatan Khatam Qur’an hari ini. Ini merupakan motivasi bagi santri untuk meningkatkan minat baca, mempelajari, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur’an,” lanjutnya.

Ucapan terima kasih yang mendalam juga kepada Pengelola dan Pengajar MDTA TAU-AM yang telah membantu dalam ikhtiar menciptakan generasi Islam yg bertaqwa dan berbudi luhur, khususnya di Jorong Ambacang Anggang Nagari Aia Manggih Selatan ini. “Teruslah berkarya dalam pengabdian, semoga senantiasa diridhoi oleh Allah SWT,” pintanya.

Apresiasi yang tak terhingga juga disampaikan oleh Ade Suryadi selaku Ketua Bamus Nagari Aia Manggih Selatan.

Ade Suryadi berharap, kegiatan ini kedepan lebih ditingkatkan lagi. “Semoga bisa membuka kelas belajar baca tulis Al-Qur’an pada kelompok usia bukan hanya anak anak, tapi remaja, dewasa bahkan lanjut usia, semoga apa yg dilakukan dapat bernilai ibadah,” tutupnya.

Selanjutnya, Wali Nagari Aia Manggih Selatan, Herizon juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anak-anak santri yang melaksanakan Khatam Al-Qur’an pada angkatan 21 tahun ajaran 2023/2024 ini.

“Sebagai Wali Nagari Aia Manggih Selatan saya berharap agar bacaan Al-Qur’an membudaya disetiap rumah, lingkungan, dan pada akhirnya menjadi pembawa Rahmat di daerah ini,” ungkapnya.

Kata Wali Nagari, Al-Qur’an ini bukan sekedar bacaan, tetapi merupakan Pedoman hidup manusia, sekaligus sebagai Syifa (obat), obat dari penyakit rohani, dan apabila kita membacanya merupakan ibadah dan memperoleh nilai pahala yang berlipat ganda,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Wali Nagari mengajak kepada kita semua elemen masyarakat, khususnya tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta para orang tua untuk bersama-sama membekali generasi penerus kita ini agar tidak henti-hentinya mengajak mereka, memotivasi mereka utuk belajar membaca, menulis, mempelajari, memahami dan mengamalkan atau mentadaburkan Al-Qur’an ini dalam kehidupan bermasyarakat,” harapnya.

Kegiatan Khatam Al-Qur’an hari ini diwarnai dengan penampilan dari santriwan dan santriwati, seperti membaca surat- surat pendek, dan lagu-lagu Religi yang diiringi dengan alat kesenian rebana, serta penyerahan penghargaan kepada pemuncak dalam Khatam Al Qur’an tersebut. (Verdi)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts