Kisah Kuburan Nan Duo di Rimbo Panti Pasaman

  • Whatsapp
Kelok Kuburan nan Duo rimbo panti pasaman
Kelok Kuburan nan Duo di Rimbo Panti Pasaman

Oleh: Pinta Nirwana

Sebuah cerita kisah nyata yang pernah terjadi pada pasca kemerdekaan Indonesia di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat. Kisah itu mengisahkan dua orang manusia yakni orang Batak dan Minang yang tengah berburu mencari hewan.

Read More

Sayangnya, sebelum mendapatkan hewan buruan, keduanya justru bertengkar soal pembagian hasil buruan. Pertengkaran terjadi karena keduanya salah komunikasi karena masing-masing memiliki bahasa berbeda.

Akibat perseteruan itu, keduanya akhirnya meninggal. Oleh warga yang menemukan keduanya kemudian dikubur secara bersamaan di kuburan yang kemudian diberi nama Kuburan Dua.

Kisah tersebut juga diangkat di panggung teater oleh Roci Marciano dalam pementasan bertajuk “Tubuh Kata Kuburan Dua” yang berlangsung di lapangan depan gedung rektorat Institut Seni Indonesia (ISI), Jl. Parangtritis, Sewon, Bantul tahun 2013 silam.

Tubuh Kata Kuburan Dua menurut Roci tidak hanya menceritakan soal konflik yang terjadi dua orang asal Batak dan Minang, namun juga menjadi sebuah perenungan terkait berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia saat ini. (*)

/* Penulis adalah Mahasiswa Universitas Andalas

Related posts