Kodim 0306/50 Kota Provokasi Persatuan Melalui Kegiatan Agama dan Kearifan Lokal

  • Whatsapp
Dandim 0306/50 Kota, Letkol Mochammad Denny Nurcahyo, ketika membuka kegiatan lomba keagamaan di ICBS Lembah Harau, Senin (25/10). (Foto: Dok. Humas Kodim)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Komandan Kodim 0306/50 Kota, Sumatera Barat, Letkol Mochammad Denny Nurcahyo menyebut, jajaran TNI akan selalu berupaya menjadi lokomotif persatuan untuk bangsa dan negara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendekatan agama serta kearifan lokal masyarakat.

Hal itu disampaikan Letkol Mochammad Denny Nurcahyo ketika membuka kegiatan lomba keagamaan yang digelar TNI bersama Insan Cendikia Boarding School (ICBS) di kawasan Lembah Harau, Senin (25/10) kemarin.

Dandim yang baru sebulan bertugas di Luak Limopuluah itu menyebut, dirinya sengaja melaksanakan kegiatan keagamaan yang dimotori TNI bersama ICBS, supaya dapat melahirkan generasi bangsa yang tidak saja cerdas secara ilmu pengetahuan, namun juga cerdas ilmu agama.

Sehingganya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat Luak Limapuluh secara umum serta juga dapat menangkal berkembangnya paham-paham radikalisme di tanah air. Termasuk membangun koordinasi yang kuat antar lembaga negara.

“Sasaran kita, hendaknya dapat meningkatkan Imtaq masyarakat dan menjadi pondasi dalam membangun generasi kedepannya. ICBS dipilih karena merupakan sekolah keagamaan terbesar di Luak Limapuluh,” ujar Dandim Moch Denny.

Adanya kegiatan keagaaman tersebut, katanya, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat kebangsaan sehingga para peserta semakin mencintai NKRI.

“Dengan menggalakkan kearifan lokal terutama di bidang keagamaan akan menciptakan persatuan dan semangat kebangsaan dari peserta atau anak didik. Sehingga kita tidak mudah dipecah belah,” jelasnya.

Seperti diketahui, pelbagai lomba keagamaan dilaksanakan Kodim 0306/50 Kota bersama ICBS dalam rangka memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia. Lomba yang digelar mulai dari lomba tahfidz dan dai cilik untuk pelajar SD dan SLTP.

Sementara lomba adzan dan Imam, dilakukan khusus bagi para Babinsa di Lingkungan Kodim 0306/50 Kota. Khusus untuk lomba adzan dan imam bagi Babinsa untuk memotivasi semua Babinsa agar bisa adzan dan imam, sehingganya peranannya semakin dirasakan masyarakat.

“Untuk Babinsa, karena banyak bersama masyarakat, mereka juga harus mampu adzan dan mengimami masyarakat saat shalat berjamaah,” imbuhnya.

Pimpinan ICBS Harau Roni Patihan berharap dengan adanya kegiatan yang digelar bersama TNI dapat menumbuhkan generasi yang cinta Al-Qur’an serta mendukung program pemerintah. Karena mereka yang akan jadi estafet untuk masa yang akan datang.

“Kita tentu bangga dengan digelarnya kegiatan oleh Kodim 0306/50 Kota di sekolah kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menumbuhkan generasi yang cinta Al-Quran,” katanya.

Ia menguraikan jumlah pesertanya 180 orang yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, serta Babinsa dari Koramil di jajaran Kodim 0306/50 Kota.

“Peserta sangat antusias mengikuti, untuk lomba tahfidz tingkat Sekolah Dasar dengan hafalan satu juz dan tiga juz untuk tingkat SLTP,” katanya.

Roni menambahkan, selain berhadiah puluhan juta, peserta terbaik nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk sekolah di ICBS. Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo dan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi serta sejumlah kepala OPD di dua daerah tersebut.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo usai membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan itu. Selain Kegiatan positif, hal itu juga sejalan dengan visi-misi pasangan Bupati Safaruddin-Rizki Kurniawan Nakasri.

“Tentu kita sambut baik kegiatan yang digelar jajaran Kodim 0306/50 Kota ini, selain bernilai positif juga sejalan dengan program pemerintah daerah mewujudkan masyarakat/Kabupaten yang Madani,” sebut Bupati.

Hal yang senada juga diungkapkan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. Pihaknya mendukung kegiatan yang digelar jajaran Kodim dan mengingatkan pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. (akg)

Related posts