Kominfo Padang Panjang Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Statistik Sektoral

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Pengelolaan Statistik Sektoral bersama Sekretaris dan Kepala Sub Bagian Perencanaan di Lingkungan OPD se-Kota Padang Panjang, di Ruang Rapat Bappeda, Rabu (14/12/2022).

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si mengatakan bimtek ini dilaksanakan sebagai bagian dari peningkatan kualitas data statistik di Kota Padang Panjang. Sesuai dengan pembagian urusan yang sudah diatur Kementerian Dalam Negeri, urusan statistik menjadi salah satu urusan wajib yang wewenangnya diberikan pada OPD pengelola Komunikasi dan Informatika. Namun, pengelolaan statistik ini tidak akan optimal hanya dengan Kominfo saja.

Read More

“Dukungan bapak/ibu terutama walidata pendukung dalam menghasilkan dan menyediakan data, akan sangat mempengaruhi terlaksananya proses statistik sesuai dengan amanah Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” ujarnya.

Bimtek ini juga diharapkan agar bisa memahami esensi dari pemanfaatan data yang selama ini dikumpulkan dalam pembangunan Kota Padang Panjang.

Sementara itu Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, M.M yang juga merupakan Koordinator Satu Data Kota Padang Panjang menjelaskan bagaimana manfaat dan peran data dalam pembangunan terutama perencanaan dan evaluasi daerah.

Narasumber lainnya, Statistisi Ahli Muda BPS Kota Padang Panjang, Masruqi Arrazi, S.ST, M.M memaparkan bagaimana pemanfaatan aplikasi Rekomendasi Statistik Online.

“Setiap kegiatan pendataan, pembuatan publikasi yang berisikan data statistik, ataupun survei, harus mendapatkan persetujuan rekomendasi dari BPS. Rekomendasi ini bertujuan untuk memeriksa metodologi yang digunakan apakah sudah tepat atau masih perlu dilakukan perbaikan,” jelasnya. (Edi Fatra/tia).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts