Konferta Alot, Novia Harlina dan Fuadi Zikri Dipercaya Pimpin AJI Padang Periode 2024-2027

  • Whatsapp
Novia Harlina dan Fuadi Zikri dipercaya sebagai ketua dan sekretaris AJI Padang periode 2024-2027 dalam Konferta ke VII di Hotel Bumi Minang, Kota Padang, Sabtu (18/5). (Foto: Dok. AJI Padang)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang sukses melangsungkan Koferensi Kota (Konferta) ke VII yang digelar di Hotel Bumi Minang, Kota Padang, Sabtu (18/5).

Dalam Konferta yang berlangsung alot dan penuh kekeluargaan itu, Novia Harlina dan Fuadi Zikri akhirnya terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris AJI Padang untuk periode 2024-2027.

Novia-Fuadi terpilih menggantikan ketua dan sekretaris periode 2021-2024 yakni Aidil Ichlas dan Zulfikar Efendi. Novia Harlina merupakan jurnalis liputan6.com di Sumatera Barat dan Fuadi Zikri editor di TribunPadang.com.

Pasangan tersebut terpilih secara aklamasi dan musyawarah dalam Konferensi Kota (Konferta) yang ke VII AJI Padang. Acara itu juga turut dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) AJI Indonesia, Bayu Wardhana.

Setelah terpilih, Novia Harlina mengaku, jika menjadi Ketua AJI Padang sebelumnya tidak pernah terlintas di dalam benaknya.

“Ini kesempatan yang membuat saya kaget karena tadi pemilihannya berlangsung cukup alot dan tegang,” tutur Novia Harlina yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Koordinator Bidang Gender, AJI Padang.

Perempuan yang akrab disapa Lina tersebut berharap, dirinya bersama Fuad dapat membawa kemajuan bagi AJI Padang.

“Semoga pada kepengurusan kami, AJI Padang semakin berkembang serta memberikan manfaat bagi banyak orang,” tutur Lina.

Sementara itu, Demisioner Ketua AJI Padang Aidil Ichlas mengatakan, Novia Harlina, merupakan perempuan kedua yang memimpin AJI Padang setelah, Yuafriza.

“Kami sangat senang dengan terpilihnya Ketua dan Sekretaris AJI Padang yang baru. Ini membuktikan adanya kaderisasi dalam kepengurusan sebuah organisasi,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan terpilihnya ketua perempuan dapat mendorong semakin banyak jurnalis perempuan untuk bergabung di AJI Padang. Saat in dari total 44 anggota AJI Padang ada 9 orang jurnalis perempuan.

“Kepada ketua dan sekretaris yang terpilih saya berpesan pimpinlah organisasi ini dengan cara dan gaya sendiri. Tidak usah berpatokan kepada siapapun dan tunjukanlah gaya kepemimpinan masing-masing asalkan tidak melanggar kode etik dan perilaku, serta tetap menjaga nama baik AJI Padang,” jelasnya.

Sekjend AJI Indonesia Bayu Wardhana mengatakan, dari pengamatannya, anggota AJI Padang memiliki modal sosial yang kuat dan solid sesama anggota.

“Selamat kepada ketua dan sekretaris yang baru. Temukan jalur Anda sendiri, Anda bukan Aidil, Anda bukan Hendra Makmur, Anda punya gaya sendiri,” ungkapnya. (akg/rel)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts