KONI 50 Kota Dukung Pemuda Taeh Baruah, Sukseskan Ajang Turnamen Catur se-Sumbar

Ketua Umum KONI 50 Kota Wirianto Dt Paduko Basa Marajo memberi sambutan saat pembukaan iven catur se Sumbar di Nagari Taeh Baruah, Minggu (6/7). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Pemuda nagari Taeh baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota menyelenggarakan iven tournamen Catur se Provinsi Sumatera Barat. Iven tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022.

Pembukaan iven olahraga bergengsi tersebut dilakukan secara resmi Sekretaris Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar, Azwar Zawir, serta disaksikan Ketua KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt Paduko Basa Marajo, serta Camat Payakumbuh Jonianto.

Read More

Turut hadir Ketua Percasi Kabupaten Limapuluh Kota, Yufrizal Away dan Walinagari Taeh Baruah. Iven itu diikuti sebanyak 38 pecatur senior dan 15 pecatur yunior berasal dari 8 daerah Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

Sebagai pembuka turnamen catur yang akan berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu 5-6 November 2022, berhadapan Ketua Umum KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt Paduko Basa melawan Camat Payakumbuh Jonianto.

Sebelumnya, ketua Umum KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt Paduko Basa Marajo mengatakan, pihaknya sangat mendukung digelarnya turnamen Catur oleh unsur pemuda Nagari Taeh Baruah.

Sebab, menurutnya, turnamen catur yang digelar pemuda Nagari Taeh Baruah, tidak hanya untuk memotivasi para generasi muda agar menyukai olahraga asah otak tersebut.

“Dari iven ini tentu kita harapkan akan lahir bibit-bibit pecatur berbakat yang dapat diandalkan untuk mengikuti berbagai iven olahraga catur serta menghadapi Porprov Sumbar yang akan digelar 2023 mendatang,” kata Wirianto dalam sambutannya.

Dia berharap, dari turnamen catur ini, akan lahir pemain-pemian catur andalan dari Kabupaten Limapuluh Kota. Ke depan, KONI Limapuluh Kota, akan serius memberi dukungan kepada Cabor Percasi serta para pelaku olahraga catur, agar terus melakukan pembinaan terhadap para atlet.

Ungkapan serupa juga disampaikan Sekretaris Umum Percasi Sumbar Azwar Zawir. Menurutnya, olahraga catur adalah olahraga asah otak yang perlu keseriusan.

“Dalam dunia percaturan tidak akan pernah terlepas dari teori. Sampai kapanpun ilmu catur ini akan terus berkembang, makanya perlu belajar. Bagi yang malas akan tertinggal, yang tertinggal akan ketinggalan. Maka teruslah belajar lebih serius dan lebih fokus. Satu hal harus diingat, setiap pertandingan adalah kemenangan, apapun hasilnya,” sebut Azwar.

Azwar Zawir menambahkan, melihat banyak para pecatur yang ikut dalam turnamen catur yang digelar pemuda Nagari Teh Baruah ini, dia yakin olahraga catur di Kabupaten Limapuluh Kota akan terus berkembang.

Adapun Camat Payakumbuh, Jonianto, mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada peserta catur yang datang dari 8 daerah Kabupaten/Kota di kawasan Provinsi Sumbar untuk mengikuti turnamen catur yang digelar Pemuda Nagari Taeh Baruah.

“Ungkapan terima kasih juga patut kami sampaikan untuk pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar dan KONI Kabupaten Limapuluh Kota yang telah memberikan dukungan dan dorongan, sehingga turnamen catur yang digelar pemuda Nagari Taeh Baruah ini berjalan sukses seperti yang diharapkan,” tutup Jonianto. (akg)

Related posts