Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Bantu Meningkatkan Imun Tubuh

  • Whatsapp
boost immunity
Sumber: Unsplash.com/ happy_lark

MINANGKABAUNEWS, KESEHATAN — Sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh yang berperan sebagai perlindungan diri dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Saat pandemi Covid-19 mulai melanda, banyak orang semakin sadar akan pentingnya menjaga sistem imun tubuhnya. Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Contohnya, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan pastinya menjaga pola makan. Berikut kami rangkum sederet makanan yang bisa bantu kuatkan imun tubuhmu.

1. Jahe

Read More

Untuk kamu yang sering minum air jahe, selamat! Kamu sudah memulai untuk memperkuat imun tubuhmu. Jahe memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk melindungi kekebalan tubuh. Tak hanya itu, jahe juga dikenal sebagai obat saat mual, meredakan nyeri saat haid, dan menurunkan kolesterol.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 2 buah jahe dan irislah ke dalam beberapa bagian. Lakukan itu sambil merebus air sebanyak 4 gelas dan saat air mendidih, masukkan jahe ke dalamnya. Setelah beberapa menit, kemudian angkat air rebusan tersebut dan saring. Sajikan dengan gelas favoritmu dan air jahe hangat siap dinikmati.

2. Jeruk

jeruk
Sumber: Unsplash.com/ 5second

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, dan tentunya menjaga kekebalan tubuh. Maka tak heran saat terserang flu orang akan mengonsumsi vitamin C untuk melawan virus di dalamnya. Kamu bisa mengonsumsi buahnya secara langsung maupun dibuat jus agar terasa lebih nikmat.

Baiknya kamu tak menambahkan gula pada jusmu agar kandungan nutrisi dari dalam jeruk tetap terjaga. Selain dari makan buah langsung dan dibuat jus, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen agar lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana.

3. Brokoli

Masih ingat saat masih kecil sering diminta orang tua untuk makan brokoli? Hm, ternyata brokoli memang memiliki peran penting untuk kesehatan, lho. Sayuran satu ini mengandung serat, mineral, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan antioksidan yang diperlukan tubuh kita. Mengonsumsi brokoli setiap hari dapat membantumu mendapatkan nutrisi lengkap dan kekebalan tubuh yang baik. Untuk menikmatinya, kamu bisa merebusnya tanpa tambahan bumbu apa pun atau mengonsumsi langsung tanpa diolah agar nutrisi pada brokoli tetap terjaga.

4. Bayam

Masih dengan sayuran hijau, sayur satu ini mengandung vitamin C dan antioksidanyang dipercaya ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, bayam juga mengandung beta karotin yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Manfaat lainnya dari mengonsumsi bayam yaitu baik untuk penglihatan, mencegah kanker, memperkuat otot, mengelola diabetes, baik untuk ibu hamil, dan menjaga tekanan darah. Untuk konsumsinya sendiri, sayur bayam ini aman dimakan setiap hari dan baiknya disajikan dengan merebusnya atau memakannya secara langsung tanpa diolah.

5. Kiwi

Buah kecil dengan daging buah berwarna hijau ini ternyata bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, kalium, dan folat. Kandungan baik di dalamnyadipercaya dapat mengurangi tekanan darah, mempercepat penyembuhan luka, dan mengoptimalkan kerja organ dalam tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga terbilang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi satu buah kiwi saja, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung maupun dibuat jus sesuai seleramu.

6. Kunyit

Bahan makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan sistem imun, yaitu kunyit. Memiliki warna oranye dan rasa yang khas, kunyit juga sering dijadikan bumbu makanan. Selain itu, kunyit juga bisa disajikan dalam bentuk minuman yang biasa dijadikan obat pereda nyeri haid dan obat masalah kesehatan lainnya.

Untuk menikmatinya, kamu bisa parut dua buah kunyit dan rebus air secukupnya. Setelah mendidih, masukan parutan kunyit tadi ke dalamnya, biarkan beberapa menit lalu disaring. Minum air kunyit ini dapat membantumu menjaga kekebalan tubuh dengan kandungan anti inflamasi, antivirus, antibakteri, dan antioksidan di dalamnya. Mengonsumsi air kunyit secara teratur tentunya dapat membantumu meningkatkan kekebalan tubuh termasuk dalam upaya melawan Covid-19 seperti saat ini.

7. Bawang Putih

Bawang putih selalu menjadi bahan rempah yang tak ketinggalan saat kita memasak. Selain menjadi pelengkap cita rasa masakan, bawang putih juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya dapat bantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu, kandungan sulfur di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Saat ini kita memang sedang melawan berbagai ancaman penyakit di sekitar kita. Apalagi penyakit tersebut bisa datang kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, jangan kendor untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan tentunya makan makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu. (*)

Related posts