Kota Padang Panjang Capaian Vaksinasinya Nomor Dua di Sumbar

  • Whatsapp
Pelayanan vaksinasi.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Di Sumatera Barat (Sumbar), dari 19 Kabupaten/Kota, Padang Panjang berada di posisi kedua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan capaian 54,40% per 1 Juli 2021.

Artinya dari sasaran awal 13.083 orang yang ditetapkan pusat, sebanyak 8.689 orang telah menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Read More

Demikiam disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Drs. H. Nuryanuwar, Apt. M.Kes, MM, Sabtu (3/6/2021).

“Pada rakor Akselerasi Gebyar Vaksinasi Covid-19, zoom meeting dengan wagub disampaikan, Padang Panjang per 1 juli 2021, capaian vaksinasi dosis I berada di urutan ketiga di Sumbar. Lalu capaian vaksinasi dosis II di urutan kedua di Sumbar. Selesainya seseorang divaksin tentu karena telah menjalankan vaksin dosis pertama dan kedua. Dari situ,  dapat disimpulkan, Padang Panjang berada di posisi kedua,” katanya.

Pihak Pemko melalui DKK, lanjut Nuryanuwar akan terus bergerak menyelesaikan target. “Sisa vaksin yang ada sekarang akan kita pakai untuk pelaksanaan penyelesaian target sasaran vaksin yang belum tercapai. Seperti petugas publik, lansia dan akan kita lanjutkan untuk vaksinasi masyarakat rentan dan masyarakat umum,” ujarnya.

Di samping itu, katanya, sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan RI, mulai 1 juli 2021 ada program vaksin untuk usia 12-17 tahun.

“Jadi vaksin bagi masyarakat yang belum, akan kita laksanakan dari sekarang hingga divaksin seluruhnya,” tuturnya.

Guna percepatan penyelesaian vaksinasi, ujar Nuryanuwar, mulai Rabu, 7 Juli mendatang, semua vaksinator DKK akan diturunkan untuk pelaksanaan vaksinasi ini di seluruh kantor lurah.

“Seluruh tim puskesmas sudah kita atur dan kita jadwalkan waktu dan tempatnya. Untuk pelaksanaannya kita sudah rapatkan dengan lurah, camat yang dipimpin Pak Sekda dan dihadiri asisten serta kadis Kominfo dan OPD terkait lainnya,” terangnya.

Terkait ketersediaan vaksin, pihak Pemko  tidak khawatir lantaran dalam percepatan vaksinasi ini, pemerintah pusat sudah memperkuatnya melalui dukungan TNI dan Polri disertai tambahan vaksin melalui alokasi di kedua institusi tersebut.

“Seperti yang sudah kita lakukan tempo hari dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 dengan realisasi 1.008 orang masyarakat selesai di vaksin dalam satu hari. Begitu juga kegiatan vaksin yang dikoordinir Kodim 0307/TD melalui Koramil 01 Padang Panjang.  Alhamdulillah, dalam rapat evaluasi bersama Pemprov, Kota Padang Panjang capaian vaksinasi sudah berada pada papan atas,” tutupnya.

Related posts