Kreativitas Mahasiswa KKN Unand di Manggis Ganting Miliki Nilai Jual yang Tinggi

  • Whatsapp
Mahasiswa KKN Manggis Ganting Universitas Andalas
Mahasiswa KKN Universitas Andalas di Manggis Ganting.

Oleh: Naufal Jihad

Tepat pada tanggal 22 Agustus lalu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas mengakhiri kegiatannya selama kurang lebih 40 hari lamanya. Salah satu kelompok KKN yang berada di kota Bukittinggi khususnya pada kelurahan Manggis Ganting, dengan beranggotakan 21 orang yang memiliki jurusan dan latar belakang yang berbeda-beda. Sesuai arahan dari bapak M. Nur, S.H selaku Lurah Manggis Ganting, mengadakan kegiatan gotong royong yang dihadiri oleh perangkat kelurahan, ibu-ibu kader PKK, masyarakat serta ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Manggis Ganting yaitu bapak Shabirin Rachmat. Kegiatan ini dilakukan bersama mahasiswa KKN Unand dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat Manggis Ganting sekaligus sebagai kegiatan penutup dari mahasiswa KKN Unand.

Read More

Sebelumnya telah banyak agenda yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unand selama berada di Kelurahan Manggis Ganting. Dengan berbagai program kerja yang dihadirkan mahasiswa tentu memiliki satu tujuan penting bagi keberhasilan pelaksanaan KKN, yaitu terjalinnya hubungan baik antara mahasiswa dan masyarakat dalam bentuk pengabdian serta pemberdayaan bagi seluruh aspek kehidupan. Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat itu sendiri dimanapun berada,tidak ada perbedaan status ditengah masyarakat. Akan tetapi perlu untuk melakukan penyesuaian sebagaimana mestinya dalam realita sosial. Karena seseorang yang masuk kedalam lingkup masyarakat harus mampu memahami dan mengikuti bagaimana alur kehidupan yang ada di daerah tersebut.

Masyarakat Manggis Ganting sangat antusias menerima kedatangan kami sebagai mahasiswa KKN dari Universitas Andalas. Setiap agenda yang kami lakukan, turut mendapat perhatian dan dukungan yang cukup besar sehingga segala aktivitas yang dijalani selama KKN berlangsung dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pandemi Covid-19 sebagai ancaman bagi kehidupan sosial masyarakat yang hingga saat ini masih terus berlanjut, tidak mengurangi ide dan kreativitas mahasiswa dalam berupaya untuk terus berinovasi demikelangsungan hidup masyarakat yang lebih baik. Bapak M. Nur selaku Lurah Manggis Ganting juga cukup menyayangkan kondisi yang terjadi saat ini tidak begitu mendukung dalam pelaksanaan KKN secara maksimal, akan tetapi bapak M. Nur tetap berupaya untuk memberikan ruang bagi mahasiswa KKN khususnya dari Universitas Andalas agar tetap terus menjalankan program kerjanya selama proses KKN berlangsung.

Ada beberapa hal yang ditinggalkan oleh mahasiswa KKN Unand kepada pemerintah Manggis Ganting serta seluruh masyarakat. Dalam acara penutupan yang diadakan pada hari Minggu, 22 Agustus 2021. Bertempat dikelurahan Manggis Ganting kota Bukittinggi, sebelumnya bapak M. Nur memberikan sedikit arahan dan masukan bagi mahasiswa KKN Unand yang akan mengakhiri kegiatannya. Selaku Lurah Manggis Ganting sekaligus orang tua bagi kami dari mahasiswa KKN Unand selama berada di lingkungan kelurahan tentu mempunyai kesan pesan tersendiri, bapak M. Nur mengucapkan banyak terima kasih karena telah banyak memberikan kontribusi dan ikut berbagai macam aktivitas masyarakat di kelurahan Manggis Ganting. Kemudian permohonan maaf juga turut diucapakan karena selama kegiatan KKN yang telah berlangsung setiap tahunnya, namun tahun ini sedikit berbeda disebabkan oleh pandemi Covid-19 sehingga kegiatan KKN berjalan tidak begitu maksimal.

Selanjutnya terdapat sepatah dua kata dari bapak Shabirin Rachmat selaku Ketua LPM Manggis Ganting sekaligus Ketua Komisi I DPRD Kota Bukitinggi. Bapak Shabirin mengatakan bahwa selama kehidupan ini masih terus dijalani, maka kita sebagai mahasiswa harus terus berkembang dengan keahlian yang kita miliki, jangan terpaku dengan bidang keilmuan yang didapatkan pada bangku perkuliahan. Namun cobalah untuk mengembangkan keahlian masing-masing, terlebih lagi jika ada orang tuanya yang memiliki pekerjaan tertentu, bisa dijadikan pengalaman untuk kita dalam menghadapi kehidupan yang akan datang. Setelah itu, kami dari mahasiswa KKN Unand turut mengucapkan banyak terima kasih atas dukungannya serta permohonan maaf karena mungkin selama kegiatan KKN yang kami jalankan belum maksimal dan perlu mendapat evaluasi.

Sebagai penutup dari kami mahasiswa KKN Unand, terdapat sebuah karya yang sederhana, namun mampu memberikan manfaat yang cukup besar bagi seluruh masyarakat Manggis Ganting. Dengan berbagai ide dan kreativitas yang kami bangun bersama selama KKN berlangsung, akhirnya kami mampu membuat beberapa inovasi berupa benda yang sering kita temui selama ini. Akan tetapi kali ini dengan konsep sederhana serta kreativitas yang dibangun bersama sehingga kami berhasil membuat sebuah tempat sampah dari bahan yang mudah ditemui, kemudian dengan mengandalkan kemampuan yang kami miliki juga menghasilkan sebuah tempat hansanitizer otomatis. Dua hal ini ketika dibicarakan tentu tidak begitu banyak mencuri perhatian, namun hasilnya yang tampak oleh bapak Lurah serta seluruh perangkat sangat mengapresiasi apa yang telah kami berikan. Tanggapan dari bapak Shabirin selaku ketua LPM Manggis Ganting, mengatakan bahwa “hal yang sederhana seperti ini tentunya memiliki nilai jual yang tinggi karena melihat bentuk dan model yang unik, untuk itu perlu adanya inovasi yang berkelanjutan dari mahasiswa agar mampu meningkatkan perekonomian bagi keluarga maupun masyarakat serta memberikan manfaat bagi kehidupan sosial kedepannya”.

/* Penulis adalah Mahasiswa KKN Universitas Andalas di Manggis Ganting 

Related posts