Laksamana Hargianto Sah jadi ‘Datuak’, Ketua LKAM Sumbar: Batagak Gala Paling Meriah Tahun Ini

Laksamana Pertama TNI Hargianto
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto dinobatkan jadi Datuk Bagindo Malano Hitam, Minggu (29/8) di Cingkariang, Agam.

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto sah menyandang gelar ‘Datuak Bagindo Malano Hitam’ melalui upacara ‘Batagak Gala’, Minggu (29/08/2021) di Cingkariang Kabupaten Agam.

Ketua LKAM Sumbar Sayuti mengatakan, sudah hampir 100 Nagari menggelar ‘Batagak Penguhulu’ namun di Cingkariang iniah paling meriah.

Read More

“Pada tahun ini Batagak Gala yang paling besar pestanya di Sumbar. Ini adalah kebanggaan kita dan pejabat dari Agam ini sudah dua yaitu bapak Mahyeldi Anshurullah dan Laksamana Pertama TNI Hargianto Datuk Bagindo Malano Hitam,” kata Sayuti.

“Gala Datuk Bagindo Malano Hitam ini sudah kosong 120 tahun, ini luar biasa yang disebut membangkik batang tarandam. rang Banuhampu harus bangga,” ujarnya.

“Saya berharap pada beliau yang akan kita bawa kepada LKAM Sumatera Sarat sebagai bagian dari Niniak Mamak Sumatra Barat, untuk sebagaimana kita bersama-sama membangun dan memajukan adat-istiadat Minangkabau,” tutupnya.

Batagak gala ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Anshurullah, Wali Sota Solok Zul Elfian Umar, Ketua LKAM Sumbar Sayuti, Forkopimda Sumatra Barat, Ketua KAN dan seluruh Ninik Mamak.

Uniknya, kegiatan ini juga disaksikan ribuan masyarakat secara virtual pada akun media sosial Laksamana Pertama TNI Hargianto. (Jf)

Related posts