Lakukan Edukasi Kebencanaan Tagana Hadir di SMAN 1 Singkarak

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Lakukan Edukasi kebencanaan pada siswa, Tagana kembali Hadir dilingkungan SMAN 1 Singkarak. Kehadiran Tagana ini mendapat respon cukup baik dari keluarga besar SMAN 1 Singkarak.

Kepala Sekolah SMAN 1 X Koto Singkarak Supriandi, S.Pd, Sabtu (16/10/2021) ditemui kontributor MinangkabauNews.com di Singkarak mengatakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah sangat bermanfaat bagi kita dan lingkungan. Terutama dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana disaat-saat proses belajar mengajar sedang berlangsung maupun saat siswa sedang dirumah.

Read More

“Siswa harus peka terhadap kondisi lingkungannya, terutama terhadap kemungkinan terjadinya musibah atau bencana dilingkungan sekolah maupun saat berada ditempat lainya. Karena itu dengan kehadiran Tagana bisa mengedukasi siswa betapa pentingnya memahami bencana sejak dini,” ujarnya.

Lebih lanjut Supriandi menyebutkan mitigasi kebencanaan harus dimengerti oleh siswa. Tujuanya untuk antisipasi apabila suatu saat terjadi bencana alam.

“Daerah kita termasuk daerah jalur rentan bencana alam dan saya berharap siswa dapat mengikuti arahan apa yang di sampaikan Tim Tagana kabupaten solok,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, Saufitri, menyampaikan, Tagana masuk sekolah merupakan program Kementerian Sosial dan Kemenristek RI. Program ini bentuk dan upaya pemerintah dalam menyiapkan dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap ancaman bencana.

“Masuknya Tagana ke sekolah bertujuan untuk meciptakan masyarakat tanggap terhadap bencana. Ada beberapa program yang melibatkan berbagai pilar di bawah Dinas sosial. Seperti TKSK, Tagana, PKH dan elemen lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Solok juga merekomendasikan bagi siswa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannnya.

Related posts