Lakukan Penyetaraan Jabatan, Wako Buka Bimtek Optimalisasi Kinerja Pejabat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Lakukan penyetaraan jabatan, Walikota Solok Zul Elfian Umar membuka kegiatan bimbingan tekhnis optimalisasi kinerja pejabat fungsional dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Solok, Senin (27/6/2022), di The ZHM Hotel Premier Kota Padang.

Bimbingan tekhnis ini menempatkan narasumber dari Kementerian Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia, Diah Hipma Fithria Laela Hidayati, dan dari Badan Kepegawaian Negara Pekan Baru.

Read More

Menurut Wako, penyetaraan jabatan merupakan langkah besar dalam dunia birokrasi. Apalagi kebijakan ini diberlakukan terhadap semua kementerian dan lembaga negara, baik level pusat maupun daerah.

“Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah secara serius berupaya melakukan perubahan iklim birokrasi, agar bisa lebih efisien, efektif, dan profesional,” kata Wako.

Penyetaraan jabatan ini, lanjutnya, mengacu pada Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi Nomor 28 tahun 2009, dan disempurnakan dengan Peraturan Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi kepada Jabatan Fungsional.

“Terdapat perbedaan karakter antara jabatan adminstrasi menjadi jabatan fungsional. Jabatan adminstrasi merupakan jabatan struktural , merupakan sekolompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik, serta administrasi pemerintahan dan administrasi negara,” ujarnya.

Related posts