Lantik 11 Kepala Desa, Bupati Yudas Sabaggalet: Buatlah Mentawai Ini Menjadi Lebih Baik

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet telah melantik 11 Kepala Desa khusus wilayah Sipora. Di depan Bupati dan unsur Forkopimda serta masyarakat Kepala Desa terpilih telah menyatakan sumpahnya, yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Km 4 Tuapejat, Senin (16/08/2021).

“Hari ini kita melantik dan menyaksikan 11 Kepala Desa terpilih yang berada di dua wilayah Kecamatan Sipora Utara dan Selatan. Kita mengukir sejarah pemilihan serentak di seluruh Indonesia dan yang pertama serta di apresiasi oleh Pemerintah pusat, ucap Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dalam sambutannya.

Read More

Pemilihan Kepala Desa merupakan hasil demokrasi yang telah terselenggara dengan baik dan berjalan lancar serta tidak ada gangguan, tambah Bupati.

“Atas nama Pemkab Mentawai, saya selaku Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat P2KD yang telah ikut serta menyukseskan pemilihan Kepala Desa secara serentak di 31 Desa Kabupaten Kepulauan Mentawai”, sebutnya.

Dia menyampaikan Kepala Desa yang baru di lantik di harapkan dapat melaksanakan serta mendukung program desa yang sudah berjalan. Tak hanya itu, untuk memajukan desa, pihak kepala desa juga memperkuat koordinasi dengan camat agar tidak terjadi miskomunikasi dalam menjalankan roda pemerintahan.

Yudas menyebutkan, seluruh kepala desa untuk penggunaan anggaran harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, tidak bisa seenaknya, karena dana yang di kelola adalah uang rakyat yang akan di awasi semua lapisan masyarakat, jangan sampai Kepala Desa terjerat masalah hukum. keuangan Desa harus hati hati, penggunaan anggaran harus mengarah pada pembangunan wilayah Desa, tegas Bupati.

“Saya yakin Kepala Desa terpilih mampu menjalankan amanah dengan baik dengan mematuhi perintah perundang-undangan dan memiliki inovasi dalam memajukan setiap wilayahnya”, kata Bupati.

Jadilah Kepala Desa yang tangguh membangun kebersamaan, serta menghimpun semua yang ada di Desa, seperti tokoh agama, dan masyarakat lainnya, agar bersama sama untuk membangun Desa yang di pimpin.

Kepala Desa yang sudah terpilih, bukan kepala desa sektoral, suku, atau golongan, namun kepala Desa wilayah, jangan pandang latar belakang, agama dan siapa dia. Masyarakat semuanya harus di rangkul.

“Kita adalah pelayan masyarakat dan mengabdi untuk masyarakat. Jadikan talenta yang ada untuk memimpin di wilayah Desa. Dan buat Mentawai ini menjadi lebih baik dan lebih baik”, tutur Yudas.

Bupati Yudas juga meminta, bahwa Kepala Desa terpilih itu menjadi Barometer kemajuan di suatu daerah. Kalau ada masalah jangan posting di media sosial, namun harus di selesaikan dengan pemerintah tingkat atas, sebutnya.

Di ketahui Kepala Desa yang sudah di Lantik yakni Pusuibiat Kepala Desa Tuapejat, Maysarli Kades Betumonga, Lutfianto Kades Sipora Jaya, Sion Marsutin Taileleu Kades Goisooinan dan Shoib kades Sido Makmur.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Sipora Selatan kades terpilih yakni Wisman Kades Matobe, Tirjelius Kades Saureinu, Hartarto Kades Mara, Balsanus Kades Nemnemleleu, Gidelius Kades Beriulou dan Irman Jon Kades Bosua.

Turut hadir dalam pelantikan, Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto, Kapolres AKBP Mu’at, Danlanal, Kajari, Kakansar Mentawai, Sekda, Ketua dan anggota DPRD dan masyarakat. (Tirman)

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat wawancara dengan beberapa awak media setelah pelantikan Kepala Desa di Aula Bappeda Km 4 Tuapejat, Senin (16/08/2021)

Related posts