Layanan Kesehatan Gratis Terdampak Gempa, PMI Bersama Yellow Clinic Jakarta Jangkau Daerah Terluar Mentawai

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – PMI Provinsi Sumbar bersama Yellow Clinic Jakarta jajaki beberapa dusun di wilayah desa terpencil untuk memberikan layanan kesehatan gratis Bakti Kesehatan khususnya kepada warga terdampak gempa bumi di Siberut Barat Mentawai.

Memasuki perjalanan yang cukup menantang, menggunakan akses laut dan darat, pengobatan gratis hari kedua kemaren Rabu (21/09/2022), tim yang tergabung telah menyisir beberapa dusun seperti Simalegi Muara Utara dan Selatan, Sakaladdat, di Desa Simatalu Dusun Limu, Bojo dan Saikoat.

Read More

Ketua Tim Yellow Clinic Jakarta dr. Ayu Amelinda menyebutkan, saat ini sebanyak 450 warga sudah mendapatkan pengobatan gratis, dan ini sangat menyentuh dengan banyaknya warga yang mengalami sakit dibeberapa dusun yang kita kunjungi, ujarnya.

dr Ayu Amelinda mengakuh bahwa rata rata penyakit yang dialami oleh masyarakat, seperti penyakit gatal gatal, Demam, Sakit Kepala, Batuk, rematik, dan sakit gigi, jelas dr Ayu.

Termasuk banyaknya ibu ibu hamil yang sangat perlu diperhatikan untuk mendapatkan perawatan medis dalam hal menuju persalinan, lanjutnya.

Iya menyebutkan, bahwa pihaknya akan melanjutkan perjalanan memasuki hari ke tiga di Betaet, tim akan kembali melakukan pengobatan gratis di Dusun Siutek Uleu dan beberapa dusun lainnya hingga Jumat kedepan.

Diketahui, tim kesehatan dari Yellow Clinik, terdiri dari dua orang Dokter dan dua perawat, nantinya dilapangan akan dibantu oleh PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai pendamping kegiatan.

Demi lancarnya kegiatan tim kesehatan Yellow Clinic didampingi oleh juru bahasa daerah setempat (Transleter) dari Relawan PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai. Termasuk dari pihak keamanan seperti Babinsa Koramil 01 Sikabaluan, Bhabinkamtibmas Polsek Sikabaluan, Satpol PP, termasuk adanya pendampingan dari pihak Kecamatan dan Puskesmas Betaet. (Tirman)

Related posts