Legislator Senayan Rezka Oktoberia Pastikan Vaksinasi Merata ke Pelosok Daerah

  • Whatsapp
Anggota DPR RI, Rezka Oktoberia, ketika meninjau kegiatan Gebyar Vaksin di Nagari Kototinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, akhir pekan kemarin. (Foto: Aking/MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Pemerintah daerah bersama kepolisian kini tengah gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi massal, guna memutus mata rantai angka penyebaran virus Covid-19. Tidak hanya pemerintah, para legislator pun ikut turun gunung guna memastikan kegiatan vaksinasi bisa merata sampai ke pelosok daerah.

Seperti yang dilakukan anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Barat II, Rezka Oktoberia, sepanjang Sabtu (30/10) kemarin. Bersama Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, srikandi Luak Limopulah itu turun langsung meninjau kegiatan vaksinasi masyarakat.

Read More

“Kita turun memastikan kegiatan vaksinasi ini merata serta untuk melihat sejauh mana antusias masyarakat. Alhamdulillah, dibanding sebelum-sebelumnya, hari ini respon masyarakat cukup baik,” kata Rezka ketika melakukan kunjungan di Nagari Kototinggi, Kecamatan Gunuang Omeh.

Disana, kedatangan Rezka bersama Kapolres disambut antusias warga peserta vaksin. Srikandi Partai Demokrat itu mengaku apresiasi terhadap upaya Pemkab Limapuluh Kota bersama jajaran Polres 50 Kota yang terus masif megkampanyekan pentingnya vaksinasi demi kesehatan.

Termasuk mengitensifkan gebyar vaksin sampai ke pelosok-pelosok daerah, agar herd immunity atau sistem kekebalan benar-benar terwujud. “Dengan begitu, pandemi ini akan berakhir dan kita akan bisa beraktivitas normal kembali,” sebutnya.

Selain Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, di Koto Tinggi Rezka turut didampingi Kapolsek Suliki Iptu Rika Susanto dan Wali Nagari Kototinggi, Amran. Dia mengajak seluruh unsur tetap selalu disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan.

“Saya juga mengajak kepada teman-teman tenaga medis yang tak kenal lelah dalam agar terus bersemangat. Sejak awal pandemi para Nakes kita sudah berjuang sebagai garda terdepan,” tutur Rezka.

Kendati mulai antusias, Rezka juga tidak menampik, kalau saat ini masih ada warga yang tidak mau divaksin. Kendati demikian, Ia tetap berpesan bahwa vaksin sangat aman dan merupakan ikhtiar kesehatan, sebagai upaya menambah daya tahan tubuh bagi yang terdampak Covid-19.

Malahan akibatnya akan berdampak menimbulkan bahaya resiko kepada orang lain.
“Bayangkan, kita yang tidak divaksin, lalu seenaknya beraktifitas di luar. Kemudian memaparkan virus kepada keluarga, bukannya kita juga yang akan rugi?,” terangnya.

Menurut Rezka, hoax yang selama ini beredar dan tersebar di dunia maya adalah kebohongan yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak ingin program pemerintah sukses. Masyarakat, lanjutnya, harus bisa tabayyun setiap menerima informasi.

“Saya pastikan vaksin itu aman. Vaksinasi akan membuat imun tubuh kita menjadi kuat, termasuk dengan protokol kesehatan. Jadi meskipun telah di vaksinasi, kita tetap harus pakai masker ya,” ajak Rezka.

Kapolres Lima Puluh Kita AKBP Trisno Eko Santoso, dalam kesempatan itu menghimbau khususnya masyarakat Nagari Kototinggi agar tidak kendor dalam penerapan prokes. Meskipun saat ini status zona penyebaran Covid-19 Limapuluh Kota sudah mulai melandai.

“Mari kita sukseskan vaksinasi ini. Kita ingin menargetkan bagaimana 70 persen masyarakat Limapuluh Kota dapat divaksin, untuk bisa mencapai herd immunity,” pesan Kapolres.

Adapun Wali Nagari Kototinggi, Amran turut menyampaikan terima kasih atas kepedulian anggota DPR RI, pemerintah daerah serta jajaran kepolisian terhadap kesehatan masyarakat. “Mudah-mudahan, gebyar vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah ini, bisa mewujudkan Indonesia tangguh, ekonomi bangkit,” tutur Amran.

Di hari yang sama, Rezka Oktoberia ikut gencar menyukseskan gebyar vaksin melalui kerjasama dengan Mapolda Sumbar, Polres Limapuluh Kota. Ia sempat meninjau 7 titik kegiatan Gebyar Vaksin yang di dalamnya termasuk Nagari Koto tinggi, Guguak VIII Koto, Mungka, Koto Kociak, Guguaknunang, Kubang dan Ketinggian. (akg)

Related posts