Liburan Ke Labuan Bajo, Cek Daftar Travel Agen Resmi di Sini

Pulau Padar kawasan Taman Nasional Komodo. (Foto: Minangkabaunews)

 

MINANGKABAUNEWS,- Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus menampakan kesiapan menjadi destinasi wisata berkelas internasional. Taman Nasional Komodo yang memiliki tiga pulau yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Tiga Pulau nan eksotik ini mampu menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Read More

Terkait hebohnya pemberitaan wisatawan ditipu oleh travel agen di Labuan Bajo. Wisatawan merasa ditipu sebesar Rp 12 juta untuk perjalanan wisata selama 3 hari 2 malam di Labuan Bajo. Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) NusaTenggara Timur menghimbau kepada setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Labuan Bajo untuk lebih teliti memilih travel agen atau agen perjalanan wisata yang menawarkan secara digital.

“Jangan mudah terbuai dengan tawaran dan promosi berwisata, banyak agen-agen liar, ilegal beroperasi dan merugikan wisatawan itu sendiri.” Kata ketua Asita NTT Abed Frans, seperti di kutip Antara, Minggu (20/2/2022).

pihaknya menginginkan penelantaran terhadap sejumlah wisatawan di Labuan Bajo tidak terulang lagi di seluruh destinasi wisata yang ada di NTT. Dikatakan Abed Frans munculnya kejadian penelantaran atau tertipunya wisatawan akibat digitalisasi yang disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Banyak agen-agen liar yang hingga saat ini sulit ditangani karena beoperasi secara digital. Tidak memiliki kantor dan karyawan, dan beroperasi bebas di duania maya,” katanya.

Dirinya menghimbau kepada wisatawan yang berwisata ke NTT agar menggunakan jasa jasa agen perjalanan wisata yang beroperasi secara legal dan resmi. Sehingga tidak memunculkan persoalan di lapangan. Dan juga ada penanggung jawab yang jelas ketika kedatangan di NTT.

Abed juga menjelaskan ,Asita NTT juga mendorong pemerintah secara nasional bisa menangani tatanan digitalisasi secara baik untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan yang merugikan dan berdampak kepada sektor pariwisata yang ada.

“Ada edukasi yang menyeluruh, persoalan layanan wisata ilegal ini menjadi tanggungjawab bersama. Tidak hanya pemerintah dan pelaku wisata NTT saja, secara nasional kita harapkan.” tambahnya.

Daftar Agen Resmi Labuan Bajo

Dikesempatan lain, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Shana Fatina sebelumnya menegaskan pentingnya pengetahuan wisatawan untuk memiliki reverensi daftar travel agen atau tour operator resmi dalam melakukan kegiatan wisata.

“Kami sudah data travel agen resmi yang bisa diakses oleh teman-teman wisatawan. Data ini kami siapkan melalui registrasi online untuk mempermudah akses wisatawan terhadap travel agen resmi. Sekaligus upaya kami untuk menghindarkan wisatawan dari tindakan ilegal yang merugikan mereka saat liburan ke Labuan Bajo,” ujar Shana.

Daftar travel agen pilihan yang resmi, terdaftar dan memiliki legalitas dapat di akses di https://registration.labuanbajoflores.id/export/lita-to . Setelah itu untuk kapasitas destinasi yang dituju (http://registration.labuanbajoflores.id).

“Pastikan anda sudah divaksinasi C-19, menyiapkan hasil tes negatif antigen/PCR sebelum keberangkatan, mengisi eHac di aplikasi Peduli lindungi . dan termasuk menjaga kebersihan dan keamanan selama perjalanan. Tutup Shana.

Related posts