Mahasiswa KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Ikut Meriahkan Hari Santri Hingga Pelosok Negeri

  • Whatsapp
UIN Walisongo
Mahasiswa UIN Walisongo.
Oleh: Devy Wulandari 

Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah (RDR) 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 54 mengadakan kegiatan Lomba Tahfidz dan Fashion Show Muslim dan Muslimah dalam rangka menyambut Semarak Hari Santri, Sabtu (16/10/2021).

Read More

Kegiatan Lomba tersebut dilaksanakan secara offline yang melibatkan seluruh siswa-siswi MTsS Desa Pekonina, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang dibantu oleh Anggota OSIM (Organisasi Siswa Madrasah ) beserta pembinanya. Dalam kegiatan itu Kepala Sekolah MTsS Nurul Ulya Pekonina secara terbuka memberi izin untuk pelaksanaan lomba yang diadakan mahasiswa tersebut.
“Perlu sekali rasanya kegiatan semacam ini dilaksanakan secara berkelanjutan oleh mahasiswa sebagai agen perubahan untuk generasi muda. Karena banyak dari siswa/i MTsS Nurul Ulya Pekonina yang sangat pandai dan menekuni tahfidz. Bahkan tahfidz juga sudah masuk ke dalam kurikulum peminatan di sekolah, jadi anak-anak yang nantinya lulus wajib memiliki hafalan” ujar Bapak Junaidi Putra, S.Pt selaku Kepala Sekolah MTs S Nurul Ulya Pekonina.
Dalam pelaksanaan kegiatan Semarak Hari Santri yang digelar, Delfina Fitriani, S.Pd. selaku pembina OSIM MTsS Nurul Ulya Pekonina juga mewajibkan setiap kelas mengirim delegasi untuk memeriahkan acara tersebut.
“Setiap kelas wajib mengirim delegasi, karena acara Semarak Hari Santri baru kali ini dirayakan semeriah ini di sekolah. Sebelum-sebelumnya tidak pernah ada. Semoga dengan adanya acara ini, siswa siswi jadi lebih senang baca Al-Qur’an” Ujarnya saat diwawancarai salah satu anggota KKN RDR 77 Kelompok 54.
Kegiatan Semarak Hari Santri yang diadakan oleh mahasiswa KKN tersebut diikuti oleh 37 peserta, 17 peserta Fashion Show dan 20 peserta Tahfidz, yang akan memperebutkan 3 nomor terbaik. Menurut Vira Septiana selaku koordinator KKN RDR 77 Kelompok 54 acara ini memiliki tujuan untuk melatih keberanian dan asah kemampuan generasi muda dalam hafalam Qur’an (tahfidz)  dan keberanian untuk tampil di depan khalayak ramai.
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 54, Arshan Shanie, M.Pd juga menyetujui diadakan nya acara tersebut jika kondisi Covid 19 di daerah tersebut aman untuk dilakukan kegiatan offline. Kelompok 54 KKN RDR 77 yang beranggotakan Vira Septiana sebagai koordinator, Setia Ningsih, Afrilia Kartika, Devy Wulandari, Ike Astriani, Musrifatul Kharomah, Yessy Maisari, Sri Intan Prihatina, Yuannisa Fathanah, Reza Sartika Dewi, Della Refni, Monika Imay, Wafiyyah Idzni Fadillah, Nabilla Fadena, Milenni Ispri Hartati  sangat berterima kasih kepada seluruh pasrtisipan yang telah menyukseskan Semarak Hari Santri tahun 2021 di MTs S Nurul Ulya Desa Pekonina. Dengan adanya acara ini semoga mampu menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Al-Quran di tengah pandemi COVID-19. (*)

/* Penulis adalah Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Related posts