Mahasiswa KKN Unand Bagikan Ribuan Masker di Pakan Kurai

KKN Unand
Mahasiswa KKN Unand bagi-bagi masker di Pakan Kurai (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Iqbal Harryfatur H & Nabilla

Tidak dapat dipungkiri perkembangan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan ini kembali mengalami kenaikan. Hal ini mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Read More

Namun akibat pemberlakuan kebijakan ini secara tidak langsung memberikan dampak signifikan terhadap penurunan ekonomi masyarakat. Hal ini yang mendorong mahasiswa Universitas Andalas yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pakan Kurai untuk melaksanakan kegiatan Jumat Berkah dalam rangka meringankan sedikit beban masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jumat yang bertempat di depan kantor Kelurahan Pakan Kurai. Disamping itu mahasiswa juga melakukan kegiatan pembagian 1000 masker kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 di kawasan kelurahan.

Kelonggaran mobilitas kepada masyarakat sebelumnya ternyata berdampak kepada kenaikan kembali kasus Covid-19 di Indonesia. Pada daerah Sumatera Barat saja telah terjadi lonjakan dengan jumlah total kasus 73.727 kasus dengan 1.542 kasus meninggal dunia dan 58. 286 kasus yang mengalami kesembuhan .

Perkembangan kenaikan ini menyebabkan pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatsan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tertuang dalam kebijakan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Dalam instruksi ini dijelaskan bahwa Kota Bukittinggi telah masuk kepada PPKM Level 4, sehingga pemerintah Kota Bukittinggi menerapkan kebijakan ini

. Kemudian pada ketentuan instruksi ini, pada instruksi ke sepuluh, pada point : a) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara online / daring. Selanjutnya pada point, d) pelaksanaan kegiatan makan/minum, ditempat umum dilakukan secara terbatas dengan tidak menerima makan di tempat. Beberapa point tersebut memberikan batasan kepada masyarakat dalam berkegiatan ekonomi jual-beli, sehingga menyulitkan masyarakat.

Ditengah kondisi pandemi virus ini, Universitas Andalas tetap menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan kewajiban pengabdian kepada masyarakat dalam program  Kuliah Kerja Nyata di berbagai daerah, salah satunya di Kelurahan Pakan Kurai, Kota Bukittinggi.

Di bawah bimbingan salah satu dosen pembimbing lapangan (DPL), Lady Diana Yusri,S.S. M.Hum, mahasiswa KKN melakukan berbagai program kerja yang sekiranya dibutuhkan masyarakat dengan tetap berpatokan kepada protokol kesehatan. Melihat penurunan perekonomian masyarakat sekitar, mahasiswa beserta pihak kelurahan melaksanakan program Jumat Berkah. Program

ini dilaksanakan setiap hari jumat pagi dengan memberikan bantuan makanan kepada masyarakat yang melintas di depan Kantor Kelurahan Pakan Kurai, dengan mentargetkan kepada masyarakat yang sedang berkerja seperti kepada ojek online, supir angkot/ supir bus, penjual makanan keliling hingga masyarakat yang membuka usaha di sekitar kantor kelurahan.

Pelaksanaan kegiatan ini ternyata mendapat tanggapan yang sangat positif oleh masyarakat, sehingga dalam waktu singkat makanan yang disediakan sudah habis diburu warga masyarakat. 

Kemudian tidak lupa, mahasiswa saat kegiatan memberikan makanan dalam kegiatan Jumat Berkah ini juga memberikan 1000 masker kepada masyarakat yang saat itu tidak menggunakan masker dan pemberian masker ini juga diberikan kepada semua masyarakat yang melintas depan kantor dengan kendaraannya, mahasiswa bersama-sama berdiri di beberapa titik yang sekiranya akan ramai di lalui oleh masyarakat dan juga memberikan informasi terkait perkembangan virus Covid-19 ini kepada masyarakat.

Tujuan kegiatan pembagian masker ini untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa penyebaran Covid-19 masih belum berakhir, masyarakat masih perlu waspada terkait perkembangan virus ini. Kemudian mahasiwa juga memberikan selebaran terkait informasi edukasi pencegahan Covid-19 dengan fokuskan kepada 5 M, yaitu berupa

memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga pola makan, dan mengurangi mobilitas. 

Seluruh kegiatan yang dilakukan mahasiswa beberapa waktu terakhir ini ternyata mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, terutama dari warga masyarakat dan pihak kelurahan. Bapak Tommy Hidayat, S,Sos M.M selaku Lurah Pakan Kurai saat diwawancara juga mengatakan pihak kelurahan juga terbantu dengan program kegiatan yang dilakukan mahasiswa, serta partisipasi mahasiswa dalam setiap kegiatan yang diprogramkan kelurahan untuk kepentingan masyarakat Kelurahan Pakan Kurai. 

“Saya selaku lurah sangat mensupport setiap kegiatan mahasiswa KKN Unand yang begitu berdampak positif bagi masyarakat khususnya bagi warga kelurahan Pakan Kurai ini serta semoga kegiatan ini dapat dicontoh mahasiswa KKN daerah lain dan masyarakat sekitar ” Ujar Pak Tommy selaku Lurah Pakan Kurai.

Mahasiswa yang sedang melakukan KKN ini berharap, setiap program kegiatan yang dilakukan di kawasan kelurahan akan memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat sebagai bentuk kewajiban mahasiswa yang tertuang dalam Kuliah Kerja Nyata ini. Walaupun dalam kondisi pandemi yang akan berdampak dalam membatasi beberapa kegiatan, tapi mahasiswa berharap tidak akan mengurangi makna dan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. (*)

/* Penulis adalah

Jurusan Ilmu Hukum, Jurusan Administrasi Publik Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas.

 

Related posts