Mantul! SMKN 1 Lubuk Sikaping Raih Penghargaan KIP Terbuka

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri satu Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman menerima anugerah penghargaan terbaik ke tiga untuk keterbukaan informasi publik Kategori SMA/SMK/MA yang di adakan oleh Komisi Informasi Sumatera Barat Tahun 2021 di Balai Sidang Hatta –Novotel Bukittinggi.

Menurut Muslim,M.Pd, selaku kepala sekolah SMKN 1 Lubuk Sikaping penghargaan ini merupakan apresiasi dan dorongan bagi sekolah yang ia pimpin untuk bisa menjadi lebih maju.

Read More

“Alhamdulillah kita senang dengan penghargaan yang di dapat, Hakekat Pelayanan Informasi Publik adalah pemberian pelayanan kepada pemohon Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dengan cara sederhana; pengecualian Informasi Publik bersifat ketat dan terbatas; kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi. Penerapan prinsip-prinsip good gouemence pada dasarnya sangat bergantung kepada kesiapan masing-masing satuan kerja,”tuturnya.

Lebih lanjut Kepala sekolah yang baru-baru ini juga meraih penghargaan kepala sekolah terbaik di Sumatera barat ini menjelaskan bahwa sebagai upaya menciptakan dan menjamin kelancaran dalam pelayanan informasi publik dan dokumentasi SMKN 1 Lubuk Sikaping ia telah mendirikan Pejabat pengelola informasi dan Dokumentasi (PPID) sejak 2019.

“Dengan memulai gebrakan pendirian PPID tahun 2019 di SMKN 1 Lubuk Sikaping dan berdasarkan SK Kepala Sekolah Nomor. 800/0570.A/SMK/2021 tanggal 5 Juli 2021 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi SMKN 1 Lubuk Sikaping secara resmi didirikan dan telah melayani berbagai pertanyaan ataupun informasi yang dibutuhkan oleh Masyarakat atau publik, ujarnya.

Muslim juga menyampaikan bahwa penghargaan ini tidak terlepas dari kerja tim yang solid, bekerja mulai dari menyiapkan website PPID, dokumen pendukung dan kemampuan presentasi.

“Semoga PPID SMKN 1 Lubuk Sikaping bisa menjadi lebih baik dan dengan semangat kebersamaan kita yakin bisa menjadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi bagi masyarakat dan publik,”Imbuhnya.

Adapun Visi PPID SMKN 1 Lubuk Sikaping adalah “Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, dan Misinya “Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, benar dan bertanggung jawab, Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi, Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang pelayanan informasi, serta Mewujudkan keterbukaan informasi SMK Negeri 1 LUBUK SIKAPING dengan proses yang cepat, tepat, mudah dan sederhana.(Verdi)

Related posts