Masuk Jalur Rempah, Padang Bakal Disinggahi KRI Dewaruci

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Rempah-rempah pernah mengharumkan Nusantara hingga saat ini. Negeri kita tercinta ini pernah menjadi pemain penting dan pemasok utama dalam perdagangan dunia, jauh sebelum bangsa Eropa melakukan aktivitas perdagangan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Jalur Rempah telah menciptakan simpul-simpul ke Indonesian antar wilayah di Nusantara dan menempatkan Indonesia sebagai wilayah strategis dalam perdagangan dunia.

Read More

Perdagangan cengkeh, pala, dan lada menjadi wahana interaksi antar berbagai suku dan etnik di Indonesia.

Perdagangan rempah-rempah saat itu membawa interaksi dan pertukaran nilai-nilai, penyebaran agama, persilangan budaya, kesenian, sastra, gastronomi, dan sebagainya. Dalam rangka merevitalisasi hubungan historis tersebut, Muhibah Budaya merupakan sebuah platform untuk mengembangkan dan memperkuat ketahanan budaya serta diplomasi budaya di dalam dan luar negeri, serta memaksimalkan pemanfaatan Cagar Budaya (CB) dan Warisan Budaya Takbenda (WBTb).

Dan untuk mengingat dan menghargai sejarah bangsa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dengan surat nomor 4236/F.F5/KB.04.06/2021 tanggal 10 Mei 2021, kepada Gubernur Sumbar, Bupati/Walikota se-Sumbar serta Rektor Perguruan Tinggi Negeri/Swasta untuk rekrutmen peserta Pelayaran Muhibah Budaya jalur rempah.

Pelayaran Muhibah Budaya dan festival jalur rempah akan dilaksanakan pada 17 Agustus-28 Oktober 2021 di mana Sumatera Barat, Padang menjadi salah satu dari 13 titik rempah di Indonesia yang akan dilalui menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci nantinya.

Peserta Pelayaran Muhibah Budaya jalur rempah itu sendiri merupakan putra-putri Indonesia yang berusia 17-24 tahun yang akan menjadi perwakilan dari setiap Provinsi di Indonesia yang berjumlah sebanyak 5 (lima) orang dengan pendaftaran paling lambat tanggal 10 Juni 2021 pada link : http://bit.ly/juknismuhibah.

Atau untuk info selengkapnya, bisa menghubungi nomor kontak handphone di 0812.70.887.58 dan 0811.69.436.33.

Untuk memeriahkan dan mendapatkan kesempatan kepada putra-putri Kota Pariaman sebagai yang terpilih nantinya, Walikota Pariaman Genius Umar, Senin (7/6/2021), mengajak untuk putra-putri terbaik dan berminat yang ada di Kota Pariaman untuk dapat mengikuti seleksi tersebut dan lulus mengikuti seleksi ini dan ikut serta dalam festival tersebut.

“Kita berharap dengan terbatasnya peserta dalam mengikuti festival ini, yakni hanya sebanyak 5 orang, dan itu merupakan putra-putri terbaik Kota Pariaman, yang nantinya akan mengharumkan nama Kota Pariaman dan Sumatera Barat”, ujar Genius.

Namun, lanjut Genius, yang tak kalah penting, hal ini mampu menjadi motivasi tersendiri bagi diri pribadi untuk lebih menghargai nilai dan makna perjuangan dalam sejarah perdagangan rempah-rempah yang mampu membawa interaksi dan pertukaran nilai-nilai, penyebaran agama, persilangan budaya, kesenian dan keberagaman di negeri yang kita cintai.

Akun media sosial Instagram (@jalurrempahri), Youtube Jalur Rempah RI (Jalur Rempah RI) dan mengunggah setiap aktifitas muhibah budaya di media sosial dengan menandai (tag) @jalurrempahri dan tagar #jalurrempahkemendikbud #jalurrempahkemendikbudristek. (Tirman/Fadli)

Related posts