Masuk Nominasi DTW Halal, Islamic Center Dinilai Tim Provinsi

MINANGKABAUNEWS,PADANG PANJANG,- Masuk tiga besar Islamic Center, nominator Daya Tarik Wisata (DTW) Halal Sumatera Barat 2021. Visitasi lapangan dilakukan Tim Ahli DTW Halal, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kamis (2/12/2021).

Kunjungan lapangan Tim Penilai yang terdiri dari Prof Dr. H. Ansofino MSi, Dr. Sari Lenggogeni, Dr Zainal, M.Ag ini,  untuk menyesuaikan data yang telah diverifikasi dengan kondisi di lapangan.

Read More

Sari Lenggogeni, ketua Tim Ahli DTW Halal yang merupakan pakar pariwisata Universitas Andalas menyampaikan, dari 18 kabupaten/ kota yang mengirimkan data, kawasan Islamic Center Kota Padang Panjang masuk nominasi tiga besar. Selain itu ada kawasan Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar dan Kawasan Danau Kembar di Kabupaten Solok.

“Pertama masuk Islamic Center ini,  kami merasa takjub melihat suasana religi dengan pemandangan alamnya  yang menenangkan jiwa,” ucapnya.

Adapun kriteria wisata halal menurutnya, yang mencakup aspek wilayah, daya tarik wisata, fasilitas umum, aksesibilitas, investasi dan dukungan pemerintah.

“Salah satu indikator penting DTW Halal adalah kebersihan. Mulai dari kebersihan lingkungan, kebersihan  toilet serta kebersihan perlengkapan sholat yang disediakan,” jelasnya. 

Dikatakannya, setelah melakukan visitasi lapangan, ada beberapa masukan terhadap pengelola atau pengurus kawasan Islamic Center. Di antaranya, agar ditingkatan aktivitas yang melekat dengan Islamic Center, serta penyusunan kurikulum untuk pengunjung.

“Dengan menggelar berbagai kegiatan di Islamic Center dapat menjadi daya tarik serta kenikmatan rohani dan juga bisa menambah wawasan agama bagi pengunjung. Ke depan diharapkan ada penyusunan kurikulum untuk pengunjung, Ada pemandu bagi pengunjung sebagai nilai tambah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Maiharman bersyukur kawasan Islamic Center masuk nominasi.

“Kedatangan Tim Ahli DTW Halal sengaja tidak dikondisikan, tanpa persiapan khusus. Supaya penilaian ini berlangsung objektif apa adanya,” ucapnya.

Dikatakannya, sebagai ikon Kota Padang Panjang, Islamic Center terus berbenah.

“Tahun 2021 ini, kita dapat bantuan DAK untuk pembangunan kios kuliner dan cenderamata.

Dalam kawasan juga didirikan Monumen Al Qur’an tepat di depan masjid, yang merupakan sumbangan Alumni Angkatan 81 SMP Padang Panjang,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya akan terus menjalin kerja sama  berbagai pihak, untuk memperkaya sentuhan seni di kawasan Islamic Center ini. 

“Beberapa catatan  dari Tim Ahli DTW, akan kami tindaklanjuti. Sehingga Islamic Center menjadi DTW Halal serta tujuan wisata religi unggulan,” harapnya.(Edi Fatra/des).

Related posts