Meivyta Deri Asta Promosikan Industri Konveksi yang Dikelola Kaum Perempuan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SAWAHLUNTO – Memberikan perhatian dan dukungan bagi industri konveksi dan kerajinan yang dikelola kaum ibu, Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Meivyta Deri Asta, langsung mengunjungi, membeli dan membantu mempromosikannya. Industri konveksi dan kerajinan yang dikunjungi Meivyta Deri Asta tersebut yakni ASIKA, KAYANA dan SEJOLI, yang semuanya berlokasi di Desa Sikalang Kecamatan Talawi.

ASIKA (Asli Kota Arang) adalah industri konveksi rumahan yang memproduksi pakaian, kemudian KAYANA adalah industri kerajinan dari bahan kain yang juga dikombinasikan dengan songket Silungkang. Sementara SEJOLI, merupakan industri konveksi rumahan yang memproduksi mukenah.

Read More

Semua tenaga yang bekerja di industri ini merupakan ibu – ibu dan remaja putri, sehingga industri tersebut turut memberdayakan kaum perempuan.

Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, mengunjungi ketiga lokasi industri itu pada Selasa 26 Oktober 2021 kemaren.

“Kami datang langsung ke sini untuk meninjau langsung dan berdialog dengan para ibu dan remaja putri yang bekerja di sini. Sekaligus juga kami membeli beberapa produk, nanti kami pakai di Jakarta untuk dapat membantu mempromosikannya,” kata Meivyta Deri Asta.

Ny. Meivyta menyatakan kagum dengan produk – produk yang dihasilkan di ASIKA, KAYANA dan SEJOLI. Meski dibuat di daerah, namun produk yang dibuat tidak kalah dari produk yang diproduksi di kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

“Ini membuktikan bahwa kaum ibu dan remaja putri di Sawahlunto mampu membuat produk yang bagus dan berdaya saing. Kami secara pribadi dan dari TP – PKK Sawahlunto berkomitmen dalam mendukung pemberdayaan kaum perempuan melalui usaha – usaha seperti ini,” sebut Meivyta Deri Asta.

Tya Hermoza, pemilik ASIKA dan KAYANA menyampaikan bahwa saat ini KAYANA sedang mengembangkan kerajinan dari bahan kain ini dengan beragam hasil produk, mulai dari tas, masker, name tag, dompet dan lain – lain.

“Kami berterimakasih untuk kunjungan dan dukungan dari ibu Meivyta Deri Asta, yang juga telah membeli produk – produk kami. Bahkan juga akan membawa produk kami ke Jakarta untuk dipromosikan. Ini dukungan yang sangat berarti bagi kami,” ujar Tya Hermoza.(atra)

Related posts