Melalui Ini, Tercatat 41 Ekor Sapi Lahirkan Anak Kembar di Agam

  • Whatsapp
Sapi melahirkan anak kembar.
Sapi melahirkan anak kembar di Agam. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Melalui Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik sejak 2017, Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mencatat 41 ekor induk sapi melahirkan anak kemabar.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Emrizal mengatakan, kelahiran sapi anak kembar itu membuktikan kualitas semen beku melalui IB sangat bagus. Selain itu, peran inseminator yang dapat dihandalkan dalam pelayanan kawin suntik ternak masyarakat.

Read More

“Sejak 2017 sudah 82 ekor anak sapi lahir dari kelahiran kembar,” ujarnya, Rabu, (9/6/2021).

Atas keberhasilan tersebut, seorang petugas Inseminator Agam mendapatkan penghargaan pada 2018.

Ia menjelaskan, IB langkah yang tepat untuk meningkatkan populasi ternak sapi, karena proses pembuahan sel telur yang dihasilkan sapi betina saat ovulasi jadi lebih tepat. Kemudian pencermatan tanda sapi betina birahi, yang diketahui oleh peternak dan saat itu pula dilaporkan kepada petugas untuk dilakukan IB.

“Utuk itu, kita mengimbau para peternak, agar segera menghubungi petugas apabila sapi betina miliknya telah menunjukkan tanda birahi seperti, ternak gelisah atau menaiki sapi lainnya, vulva bengkak dan hangat dengan warna kemerahan, serta ekor sapi yang sering diangkat,” imbaunya.

Sementara itu, Kasi Pembibitan Ternak, Jafrika menyampaikan, bahwa ada beberapa keunggulan dari IB, yaitu memperbaiki mutu genetik ternak dan peternak tidak perlu memelihara sapi jantan.

“Tahun ini, Dinas Pertanian Agam menargetkan pelaksanaan IB sebanyak 9.720 ekor, telah terealisasi 3.997 ekor atau 41 persen dari jumlah yang ditargetkan,” tutupnya. (JNS)

Related posts