Melalui Sosialisasi Empat Pilar, Alirman Sori Ajak Tokoh Masyarakat dan Pemuda Perkuat Pemahaman Kebangsaan

PAINAN – Minangkabaunews — Pemahaman dan pengertian tentang pentingnya pendidikan wawasan kebangsaan bagi generasi muda perlu diberikan. Sehingga dapat mencegah tantangan dan ancaman yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa ini, diperlukan adanya pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan,” kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Dr. H. Alirman Sori, SH, MHum, MM, saat memberikan Sosialisasi empat pilar MPR RI, bersama Ikatan Pemuda Pemudi Muaro Pandan (IPPMP) di Kenagarian Sungai Tunu Kecamatan Ranah Pesisir, Selasa (9/8).

Selain Ikatan Pemuda Pemudi Muaro Pandan, dalam Sosialisasi empat Pilar MPR RI juga diikuti oleh masyarakat, Ninik Mamak dan Wali Nagari setempat.

Senator asal kabupaten pesisir selatan Sumatera Barat itu, melanjutkan seiring dengan laju modernisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, berbagai pengaruh negatif juga terdapat di dalamnya, seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, bullying, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya.

“Maka dari itu perlu adanya pemberian pemahaman wawasan kebangsaan pada generasi muda. Dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh – pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi saat sekarang ini,”ujarnya.

Dikatakannya, generasi muda harus memperoleh pengetahuan, mempelajari keahlian dan mengembangkan karakter atau watak publik maupun privat yang sejalan dengan demokrasi. Sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui perkataan dan pengajaran serta kekuatan keteladanan.

Menurutnya, sampai saat ini pemahanan wawasan kebangsaan dalam dini generasi muda masih kurang.

Makan demikian pembinaan terhadap generasi muda menjadi warga negara yang baik harus menjadi perhatian utama secara bersama, karena tidak ada tugas yang lebih penting dari pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, efektif dan terdidik.

“Jadi saya berharap generasi muda kedepannya memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif. Dan dapat meningkatkan kecintaan dan ketentraman terhadap NKRI, dengan pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai ideologi Pancasila,”harapnya.(Ronal)

Related posts