Membentuk Pemimpin Berkarakter : Suksesnya Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS SMKN 1 Lubuk Sikaping

  • Whatsapp

Lubuk Sikaping, Minangkabaunews.com – SMKN 1 Lubuk Sikaping menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), dengan tema “Menumbuhkan kualitas dengan pemimpin yang berintegritas”.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 17 -18 Februari 2024 di Pontoh Taluak Ambun, Lubuk Sikaping ini menjadi tonggak penting dalam membentuk pemimpin masa depan yang berkarakter.

Siswa sebagai kelompok intelektual yang dituntut untuk menjadi penerus bangsa. Dalam upaya mencetak pemimpin yang cerdas dan terdidik, serta mengenalkan arti penting organisasi, SMKN 1 Lubuk Sikaping menginisiasi Pelatihan Dasar Kepemimpinan.

Tujuan kegiatan ini mencakup peningkatan mutu kepemimpinan, kemampuan berorganisasi, perluasan wawasan tugas kepemimpinan, hingga pembentukan pola pikir, sikap, perilaku, budi pekerti, sopan santun, dan disiplin. Semua ini bertujuan membangun kecintaan serta pengetahuan akan pengalaman organisasi, serta meningkatkan profesionalitas dan kerja sama antarsiswa.

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim, M.Pd., dalam sambutannya, menekankan bahwa pemimpin tidak lahir secara instan dan harus melalui proses pembelajaran. Kompetensi bersosialisasi dan manajerial menjadi kunci sukses, dengan integritas sebagai nilai utama. Pemimpin yang memiliki integritas akan memimpin dengan amanah, bersih, dan bertanggung jawab. LDK diharapkan dapat menghasilkan calon-calon pemimpin muda yang berkualitas.

Selain itu, Muslim juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Pasaman yang turut hadir dalam acara pembukaan.

Hari pertama LDK dipenuhi dengan penyampaian materi dari pagi sampai malam. Materi yang disampaikan meliputi tata krama kepemimpinan Minangkabau oleh Ibu Silvia Triza, pencegahan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba oleh Polres Pasaman, dan manajemen kepemimpinan oleh Bapak Muslim, M.Pd. Sementara itu, hari kedua fokus pada hafalan Juz 30 dan kegiatan outbond untuk memperkuat kerjasama antarsiswa.

Kegiatan berjalan dengan lancar, semua peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. SMKN 1 Lubuk Sikaping berharap melalui LDK ini, akan terbentuk calon pemimpin muda yang berkualitas, memiliki integritas tinggi, dan siap menghadapi tantangan masa depan. (Verdi)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts