Mendekati 50 persen, Kapolda Sumbar Apresiasi Masyarakat Sawahlunto Sadar Untuk Divaksin dan Pemko Berkinerja Baik

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SAWAHLUNTO – Mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi Covid – 19, Gebyar Vaksinasi kembali dilaksanakan di Sawahlunto. Kali ini Gebyar Vaksinasi yang dipadukan dengan pemberian bantuan sosial berupa sembako diselenggarakan pada Sabtu 09 Oktober 2021 tadi dan ditinjau langsung oleh Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra.

Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi di Sawahlunto pada Sabtu 09 Oktober 2021 tadi menargetkan dapat memvaksin lebih dari 1.000 orang masyatakat. Dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan, Yasril, bahwa ada 4 titik lokasi pelaksanaan Gebyar Vaksinasi itu, yakni di GPK, Pasar Silungkang, Desa Kolok Nan Tuo dan Desa Lumindai.

Read More

“Untuk yang paling banyak itu adalah target kita di GPK, yakni sebanyak 1.300 orang. Sampai sebelum Dzuhur tadi saat pak Kapolda, pak Walikota dan jajaran Forkopimda melakukan peninjauan, itu sudah terdaftar melakukan vaksin sebanyak 600 orang lebih. Target ini kita yakin bisa dicapai, karena sudah lebih separoh yang divaksin dan pelaksanaan vaksin akan kita lakukan sampai sore hari,” kata Yasril.

Sementara, untuk update data tingkat vaksinasi di Kota Sawahlunto, disampaikan Walikota Deri Asta yakni telah mencapai 43 persen lebih atau 22.416 orang. Angka 43 persen lebih tersebut dari total sasaran masyarakat yang akan divaksin yakni 51.805 orang.

Dengan tingkat vaksinasi itu, seperti data yang diberikan Dinas Kesehatan, Sawahlunto saat ini berada di urutan ke – 4 tertinggi capaian vaksinasi dosis 1 di Provinsi Sumatera Barat. Sementara untuk capaian vaksinasi dosis 2, Kota Sawahlunto berada di urutan ke – 6 tertinggi dari 19 Kota/Kabupaten di Sumbar.

“Kami sedang terus mendorong peningkatan jumlah jangkauan masyarakat yang divaksin ini melalui berbagai upaya, salah satunya dengan jemput bola mendatangi masyarakat ke lokasi – lokasi di dekat rumah yang masyarakat bisa dikumpulkan di sana. Hal ini untuk mempermudah masyarakat sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya atau waktu untuk datang ke Puskesmas mendapatkan vaksin, jadi jajaran vaksinator kita dari Puskesmas setempat yang mendatangi langsung ke lokasi itu,” kata Walikota Deri Asta.

Upaya lainnya, disebutkan Walikota Deri Asta yakni saat ini Pemerintah Desa dan Kelurahan sangat intens dalam mengajak dan memfasilitasi masyarakat untuk divaksin. Berbagai inovasi dilakukan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk mengapresiasi masyarakat yang divaksin, antara lain dari memberikan makan siang sampai memberikan minuman peningkat ion tubuh yakni air kelapa muda.

Di Sawahlunto juga muncul dukungan dari organisasi masyarakat dan komunitas – komunitas dalam membantu menyelenggarakan vaksinasi ini. Contohnya itu kemaren sudah ada tim Silungkang Peduli (SOLID) dan Pramuka Peduli Kwarcab Sawahlunto yang turun membantu jajaran Puskesmas dalam melakukan vaksinasi pada masyarakat,” kata Walikota Deri Asta.

Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, memberikan apresiasi yang tinggi pada Pemko Sawahlunto dan jajaran Forkopimda yang telah berhasil menggerakkan pelaksanaan vaksinasi di Kota Warisan Dunia versi UNESCO tersebut dengan baik dan telah sampai mendekati 50 persen dari total sasaran.

“Yang lebih penting itu adalah kesadaran masyarakat. Di Sawahlunto ini kesadaran masyarakat untuk divaksin termasuk tinggi, buktinya kita bisa lihat telah 43 persen lebih dari total sasaran itu masyarakat kita sudah divaksin,” ujar Kapolda Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra.

Kapolda Sumbar itu menyampaikan terimakasih sebesar – besarnya kepada masyarakat Sawahlunto yang sadar dan mendukung program pemerintah dalam membentuk imunitas kelompok melalui vaksinasi Covid – 19.

Kepada jajaran tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator vaksin Covid – 19 di Sawahlunto, Kapolda Sumbar mengapresiasi dengan memberikan piagam penghargaan. Diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan Sawahlunto, secara simbolis piagam penghargaan itu diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra kepada Paur Kes Polres Sawahlunto, Bripka Yuli Ekawati dan para Kepala Puskesmas di Sawahlunto.

Kapolda Sumbar dalam kesempatan meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi itu juga memberikan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 500 paket. Rincian sembako itu, sejumlah 300 paket dari Kapolda Sumbar dan komunitas IMBI (Ikatan Motor Besar Indonesia) Provinsi Sumbar. Kemudian sejumlah 200 paket dari Kapolres Sawahlunto.

Selain sembako, kita juga berikan doorprize kepada peserta vaksinasi dari kategori pelajar. Hadiah utamanya itu 2 unit sepeda. Doorprize lain bermacam – macam, dari helm, jacket motor, buku, tas, sampai botol minum,” ujar Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra.

Dalam kesempatan Gebyar Vaksinasi tadi, Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf melaporkan kepada Kapolda bahwa jajaran Polres Sawahlunto turun dengan optimal dalam membantu percepatan vaksinasi ini.

Sesuai arahan Presiden tentang percepatan vaksinasi, kami turun mendampingi tim di desa dan kelurahan dalam sosialisasi sampai pelaksanaan vaksin. Kita bersatu padu dengan jajaran Pemdes/Kelurahan dan tenaga kesehatan, sesuai hasil rapat koordinasi yang kita laksanakan beberapa Minggu yang lalu,” kata AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.

Bentuk nyata lainnya kinerja Polres Sawahlunto dalam mendukung percepatan vaksinasi, kata AKBP. Ricardo Condrat Yusuf, adalah dengan memobilisasi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari tempat vaksinasi.

“Itu ada yang kita jemput dengan bus polisi. Kalau tidak bisa kendaraan roda 4 masuk ke sana, maka Babinkamtibmas kita yang turun menjemput dan mengantarkan dengan kendaraan roda 2,” ujar Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.

Dalam peninjauan Gebyar Vaksinasi bersama Kapolda Sumbar di GPK tadi, Walikota Sawahlunto Deri Asta didampingi oleh Sekretaris Daerah, Dr.dr. Ambun Kadri. Sementara dari Forkopimda hadir lengkap yakni Ketua DPRD, Ny. Eka Wahyu, Kepala Kejaksaan Negeri, Abdul Mubin, Dandim 0310 Sawahlunto Sijunjung, Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi, Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.

Dari unsur Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) terlihat juga hadir yakni Ketua Pokdar Kamtibmas, H. Jaswandi bersama sejumlah anggotanya.(atra)

Related posts