Mengerikan! 38 Negara Sudah Kemasukan Varian Omicron

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWSCOM, JAKARTA — Varian Covid-19 Omicron sepertinya makin merajalela. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeteksi 38 negara telah kemasukan strain yang pertama kali ditemukan di Afrika ini.

Ini naik signifikan dibanding dua hari lalu, di mana dilaporkan 23 negara telah menemukan kasus. WHO bahkan mengatakan data awal ini menunjukkan bahwa Omicron lebih menular dari Delta.

Read More

Ahli Epidemologi Universitas Indonesia, Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, M.Sc, mengungkap kalau varian ini bisa menjadi potensi Indonesia mengalami COVID-19 gelombang ketiga, Bunda.

“Nah ada varian baru lebih parah. Pada waktu diberitakan Omicron ini, Belanda sudah kemasukan (virus Omicron). Berarti ada kemungkinan Indonesia sudah kemasukan. Satgas sudah mengabarkan untuk menutup pintu (kedatangan dari Afrika Selatan),” paparnya dalam Diskusi Daring Kesiapan Indonesia dalam Mencegah Potensi Gelombang Ketiga COVID-19, beberapa waktu lalu.

Mendengar hal ini, banyak orang yang mempertanyakan seberapa besar tingkat bahaya virus Omicron. Bahkan siapa yang lebih mematikan antara virus Omicron atau Delta.

Varian Omicron ditandai dengan adanya 50 mutasi, Bunda. Nah 32 varian di antaranya merupakan protein lonjakan. Namun, CNN Internasional telah mencatat varian Delta memiliki konstelasi mutasi menakutkan dan menjadikan versi virus terburuk yang pernah ada.

Banner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk
Seorang Ahli Virologi Universitas Tulane, Robert Garry, membandingkan varian Omicron dengan Delta, Bunda. Ia mengatakan bahwa Omicron tidak memiliki mutasi sebanyak Delta.

“Namun kami telah melihat evolusi semacam itu sebelumnya. Pasti ada hostpot di mana virus menyukai bermutasi sekarang,” ungkapnya, dikutip Rabu (1/12/2021).

Hal ini juga diungkapkan oleh seorang ilmuwan genom dan Ahli Epidemiologi di University of Washington, Trevor Bedford. Ia mengungkapkan kalau Omicron lebih mirip dengan varian Gamma.

“Mengingat Omicron tidak punya begitu banyak mutasi non-spike yang nampaknya berkontribusi pada peningkatan kebugaran Delta, saya tidak akan terkejut jika transmisi intrinsik serupa dengan Gamma,” kata Bedford.

Related posts