Mengentas Persoalan Sampah, Pemkab Pasaman Barat Akan Bagun TPS 3R di Empat Nagari Tahun Ini

  • Whatsapp
Penampakan tumpukan sampak di salah satu nagari di Pasaman Barat.

MINANGKABAUNEWS, PASAMAN BARAT – Sebagai langkah awal dalam mengatasi masalah sampah, yang semakin hari semakin memprihatinkan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat akan membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle ( TPS 3R) di empat nagari didaerah tersebut tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Adrinaldi saat ditemyi di ruang kerjanya, (05/5/21) kepada minangkabaunews.com menyampaikan, permasalahan sampah merupakan hal serius untuk melayani.

Read More

“Dengan adanya orogram TPS 3T ini, kita yakin permasalahan sampah di Pasaman Barat akan dapat dikurangi,” katanya.

Adrinaldi mengatakan, untuk tahun 2021 ini Pasaman Barat mendapat bantuan pembangunan TPS 3R pemerintah dari pusat sebanyak empat titik.

“Program ini, nantinya akan direalisasikan di Nagari Aua Kuniang, Nagari Muaro Kiawai, Nagari Sinuruik, dan Nagari Ujung Gading,” jelasnya.

Disampaikan, saat ini pemeeintah nagari sedang menyusun kelompok pelaksana yang diambil dari masyarakat setempat.

“Program ini nantinua akan dilaksanakan dan dikelola langsung oleh masyarakat setempat,” ujar Adrinaldi.

Dijelaskan, selain untuk mangatasi persoalan sampah, TOS 3R tersebut juha dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

“Di TPS 3R ini, akan dilakukan pemilahan dan pengolahan sampah. Seperti, sampah organik akan dijadikan pupuk kompos dan sampak anorganik agan didaur ulag. Tentu ini akan dapat menambah pemasukan bagi warga,” terangnya.

Diharapkan, progran TPS 3R tersebut dapat terlaksana dengan baik, dan bagi masyarakat pelaksana dapat mengelolanya denga semaksimal mungkin.

Related posts