Menjemput Kemenangan PKB di Kabupaten Tanah Datar

  • Whatsapp

Oleh: Indra Gunalan S. AP, Ketua DPC PKB Kabupaten Tanah Datar

Tahapan verifikasi partai politik dimulai bulan Agustus tahun 2022 untuk pemilu legislatif tahun 2024 di Indonesia. Verifikasi partai politik bulan Agustus 2022 memiliki perbedaan dengan verifikasi partai politik sebelumnya. Perbedaan ini berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55/PUU-XVIII/2020 karena dalam salah satu putusannya menyatakan bahwa partai yang lolos parlemen threshold (PT) atau dikenal sebagai ambang batas tidak lagi diverifikasi secara faktual hanya verifikasi administrasi, sedangkan partai dibawah (PT) dan partai baru untuk ikut pemilu legislatif 2024 harus lulus verifikasi faktual dan administrasi.

Pemilu di tahun 2019 telah menetapkan 9 partai yang lulus PT di atas 4% suara yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (9,69%), Partai Gerakan Indonesia Raya (12,57%), PDI Perjuangan (19.33%), Partai Golkar (12,31 %), Partai NasDem (9,05%), Partai Keadilan Sejahtera (8,21%), Partai Persatuan Pembangunan (4,52%), Partai Demokrat (7,77%), dan Partai Amanat Nasional (6,84%). Partai yang tidak lolos PT atau tidak memiliki wakil di Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPR RI) adalah Partai Garuda, Partai Berkarya. Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara nasional sebagai partai politik papan atas dengan memperoleh suara sebanyak (9,69%) dengan jumlah suara syah sebanyak 13.570.097 (tiga belas juta lima ratus tujuh puluh ribu sembilan puluh tujuh) maka memiliki hak untuk mengutus 58 orang kadernya menjadi anggota DPR RI.

Di Sumatera Barat pada pemilu 2019 PKB menghantarkan tiga kader terbaiknya yaitu Rico Alviano, ST sekaligus sekretaris DPW PKB Sumatera Barat, Firdaus, S.H.I, dan Donizar dari daerah pemilihan berbeda menjadi anggota DPRD Sumatera Barat masa jabatan tahun 2019 sampai tahun 2024. Sedangkan untuk Kabupaten Tanah Datar PKB dipemilu 2019 kepercayaan masyarakat terhadap calon legislatif (caleg) DPC PKB belum mampu menjadikan kader-kader PKB menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar.

Hari minggu tanggal 13 Maret 2022 saya Indra Gunalan S.AP dipercaya oleh DPP PKB untuk mengabdi di DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanah Datar. Kepercayan adalah kesempatan sekaligus tantangan sebagai Pimpinan DPC PKB Tanah Datar bersama sekretaris Winparidalah dan Bendahara Riza Yuliasari serta kepengurusan lainnya harus bahu membahu melakukan kerja-kerja politik sehingga nama besar PKB di tingkat nasional dan provinsi Sumatera Barat menjadi sama di Kabupaten Tanah Datar.

Pemilu legislatif tahun 2024 DPC PKB Tanah Datar mempunyai target 6 kader PKB menjadi anggota DPRD kabupaten Tanah Datar, target 6 kursi DPRD bukanlah sesuatu yang mustahil karena pertama PKB adalah partai besar dengan garansi lulus PT di tahun 2024 sehingga perjuangan PKB dari kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat dan pusat mampu terwakili serta berjalan dalam satu tujuan, kedua dari tidak ada kursi di DPRD Tanah Datar pada pemilu sebelumnya lalu menjadi 6 kursi DPRD Tanah Datar pernah dicapai oleh DPC Partai Demokrat Tanah Datar, jadi bukanlah hal baru.

Mencapai target 6 kursi DPRD Kabupaten Tanah Datar DPC PKB akan dicapai dengan melakukan kerja-kerja politik walaupun pemilu masih 2 tahun lagi. 1 tahun ke depan DPC PKB Tanah Datar akan fokus pada pembinaan internal. Pembinaan internal diawali merekrut dan membentuk kader-kader yang solid,militan dan berkompeten sebagai kekuatan utama partai mulai dari tingkat Kabupaten (DPC), Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau pimpinan kecamatan, Ranting di Nagari dan pemberdayaan masyarakat di tingkat TPS.

Penguatan internal terus berjalan disamping itu seluruh kader memberikan rekomendasi-rekomendasi putra-putri terbaik nagari-nagari di Luhak Nan Tuo untuk menjadi calon legislatif dan akan dievaluasi secara bersama. Penguatan internal penting tetapi penguatan external harus menjadi perhatian bersama. Penguatan eksternal dilakukan dengan cara menjadikan DPC PKB Tanah Datar sebagai partai terbuka dan menjadi milik masyarakat Tanah Datar tanpa membedakan golongan dan lapisan. Menjadi terbuka dan milik masyarakat Tanah Datar bisa terwujud ketika komunikasi dan silaturahmi dengan gagasan menbangun bersama kabupaten Tanah Datar dilakukan kepada seluruh golongan dan lapisan masyarakat di kabupaten Tanah Datar.

Penguatan internal dan membuka diri dengan berkomunikasi dengan gagasan menbangun bersama kabupaten Tanah Datar kepada seluruh golongan dan lapisan masyarakat adalah kunci DPC PKB Kabupaten Tanah Datar menjemput kemenangan di pemilu legislatif di tahun 2024.

Related posts