Menparekraf Advokasi dan Dukung Desa Wisata Kreatif Saribu Gonjong

  • Whatsapp
Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno, Bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Ketua ADKI Sumbar Deni Asra di Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (28/8/2021)

LIMAPULUH KOTA, MINANGKABAUNEWS,- Menebar semangat kebangkitan sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengadakan kunjungan ke desa wisata kreatif Saribu Gonjong, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (29/8/2021).

Kunjungan itu merupakan rangkaian penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang telah berlangsung sejak awal Juli 2021 lalu. Tercatat, ada 1.831 desa wisata yang ikut serta di dalamnya.

Dikatakan Sandiaga Uno, desa wisata Saribu Gonjong (sarugo) memiliki potensi luar biasa sebagai desa wisata unggulan di Indonesia. Diungkapkannya, perlu dilakukan perbaikan infrastruktur jaringan internet dan telepon di Sarugo. Platform digital perlu menjadi perhatian bagi setiap desa wisata yang ada di Indonesia. Hal ini akan memberikan dampak kepada desa wisata ketika sudah memiliki infrastruktur baik.

“Saya akan ikut ambil peran dalam hal ini uuntuk desa wisata Saribu Gonjong. Adaptasi, inovasi dan kolaborasi wajib hadir disetiap desa wisata kreatif berkelanjutan. Lapangan kerja terbuka anak nagari sejahtera,” ungkap Sandiaga Uno di kawasan Agrowisata Jesigo (Jeruk Siam Gunuang Omeh).

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dalam kesempatan yang sama megatakan, kolaborasi pemerintah daerah dengan pusat sesuai arahan Menparekraf untuk sektor pariwisata akan di tindaklanjuti. Infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang di desa wisata juga menjadi perhatian dan upaya Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota untuk merealisasikan.

“Kolaborasi membangun kabupaten Limapuluh Kota untuk sektor apapun dengan pemerintah pusat. Termasuk sektor pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi. Akan kami upayakan untuk merealisasikan. Kerjasama masyarakat juga kami harapkan. Kabupaten Limapuluh Kota ini milik bersama masyarakatnya, baik yang ada di ranah (kampung) maupun yang ada di rantau,”Kata Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Menyambut baik pernyataan Sandia Uno, Bupati Safaruddin mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf untuk pengembangan desa wisata Saribu Gonjong. Selain itu ucapan yang sama juga disampaikannya setelah menerima penghargaan langsung dari Menparekraf sebagai kabupaten terbanyak yang mendaftarkan desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

“Terimaksih kami sampaikan atas nama pemerintah daerah, bangga da bersyukur ketika ditetapkan Desa Wisata Kreatif Saribu Gonjong menjadi 50 besar terbaik di Indonesia. Harapan yang sama dengan Menparekraf, tentu kerja keras kami di daerah untuk menjadi Saribu Gonjong menjadi destinasi wisata Budaya dan Agro berkelas dan memiliki daya saing tinggi.” tutup Safaruddin disela-sela kunjungan Menparekraf.

Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Kabupaten Limapuluh Kota Rino Chandra mengatakan, sesuai arahan DPP ADKI untuk berperan penting mensukseskan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di daerah. ADKI kabupaten Limapuluh Kota kedepan akan terus melakukan program-program positif berkesinambungan di desa wisata yang telah mendaftar di Jadesta.com. Selain itu juga melihat kondisi kelebihan dan kekurangan desa wisata kreatif itu sendiri.

Dikatakannya, selain pendampingan dan pelatihan bagi Desa Wisata kreatif Saribu Gonjong yang telah meraih 50 besar ADWI 2021. ADKI Kabupaten Limapuluh Kota lebih berfokus kepada pengembangan sumber daya manusia untuk desa wisata itu kedepan.

“Sesuai arahan ADKI ikut mendorong desa-desa yang memiliki potensi destinasi wisata untuk mendaftar di ADWI. Kedepan terhadap desa wisata tersebut akan kita realisasikan beberapa program kerja yang sedang dirancang ADKI untuk menjadikan desa wisata tersebut berdampak ekonomi secara baik kepada masyarakat. Sedang kita rancang dan kerangkakan pola kerja nya,” Kata Ketua ADKI Kabupaten Limapuluh Kota didampingi Sekretaris Arfridel Ilham. (rn/tk/ft)

Related posts