Menperin RI Dorong Investasi di Solok Selatan

  • Whatsapp
Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Bupati Solok Selatan, Khairunas terkait pengembangan investasi di Solok Selatan.
Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Bupati Solok Selatan, Khairunas terkait pengembangan investasi di Solok Selatan.

MINANGKABAUNEWS, SOLOK SELATAN — Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita berjanji untuk mendorong peningkatan investasi di Solok Selatan. Pihaknya juga menjanjikan untuk menyiapkan tim untuk berkunjung ke Solok Selatan guna mempelajari potensi-potensi yang ada.

Hal tersebut disampaikan Menperin RI, Agus Gumiwang di ruangan kerjanya ketika menerima audiensi Bupati Solok Selatan, Khairunas di ruangan kerjanya, Kamis (27/5/2021). Dalam audiensi tersebut, Bupati beserta beberapa kepala OPD turut memaparkan potensi-potensi investasi yang ada di Solok Selatan.

Read More

“Dengan banyaknya potensi-potensi investasi di Solok Selatan, tentu kita akan dorong investor untuk mempelajarinya, termasuk industri pengolahan hasil tambang biji besi. Dan kita juga bantu menyiapkan tim untuk berkunjung kesana untuk mempelajari nantinya,” terang Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati yang didampingi Kepala Bappeda Yul Amri dan Kadis Perindagkop juga menyampaikan beberapa proposal. Salah satu proposal yang diajukan adalah kelanjutan Revitalisasi Sentra IKM Kopi yang representatif sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk kopi Solok Selatan.

Dalam surat permohonan kepada Menteri, dijelaskan bahwa Kabupaten Solok Selatan mempunyai luas lahan kopi Arabica 1.154 ha dan kopi Robusta 3.324 Ha dengan produksi kopi Arabica 655,340 Ton per tahun. Sedangkan produksi kopi Robusta sebanyak 2.109,008 Ton pertahun.

Untuk itu karena keterbatasan anggaran APBD Kabupaten Solok Selatan maka pihak pemkab sangat mengharapkan pendanaan lanjutan sentra IKM Kopi ini melalui dana DAK tahun 2022. (rls)

Related posts