Mensos RI Berikan Bantuan Korban Tanah Longsor Tambang Emas Solok Selatan

  • Whatsapp
Menteri Sosial RI menyerahkan santunan kepada korban longsor tambang emas Solok Selatan
Menteri Sosial RI menyerahkan santunan kepada korban longsor tambang emas Solok Selatan

MINANGKABAUNEWS, SOLOK SELATAN — Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismahariani, menyerahkan bantuan bagi korban tanah longsor tambang emas yang terjadi Timbahan, Abai Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Pada senin lalu.

Bantuan tersebut berupa 116 pak makanan siap saji, 51 pak makanan anak dan 9 unit kasur.

Read More

Selain itu, juga diberikan santunan berupa uang tunai sebesar Rp 15 Juta bagi korban meninggal dan Rp 5 Juta bagi korban luka-luka.

Risma berharap, untuk kedepannya tidak ada lagi korban yang meninggal ketika mencari nafkah.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen dan jangan ada lagi korban yang jatuh karena mencari nafkah. Memang semua pekerjaan ada risikonya tetapi bisa dihindari,” katanya usai menyerahkan bantuan kepada keluarga korban tanah longsor pertambangan emas, di Aula Tansi Ampek Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (12/5/2021).

Katanya, sebelum nya juga ada korban yang meninggal ketika mencari nafkah pada Januari 2021 lalu.

“Tadi ketika saya berbincang dengan Gubernur dan ia mengatakan pada Januari lalu juga ada korban yang meninggal ketika mencari nafkah dilokasi tersebut,” ungkapnya.

Risma meminta kepada Bupati Solok Selatan untuk mencari alternatif pekerjaan lain untuk masyarakat dan untuk menghindari korban yang berjatuhan lagi.

Menurutnya, Solok Selatan ini memiliki potensi Sumber Daya alam yang bagus dan Subur dan itu bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman dan tumbuhan.

“Solok Selatan memiliki tanah yang subur, dan itu bisa dimanfaatkan untuk menanam tumbuh-tumbuhan seperti porang,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa belangsungkawa kepada keluarga korban yang ditinggalkan agar tabah dan kuat melanjutkan kehidupan yang bisa lebih menjamin dengan tanpa bahaya.

“Cobaan ini sangat berat dan para ibu harus kuat jangan putus asa karena masih ada Allah yang maha kuasa tinggal kita memohon kepadanya,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Khairunas menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas perhatian yang diberikan Mensos RI ke Solok Selatan.

Ia juga berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat membantu meringankan duka keluarga korban. (rls)

Related posts