Menteri PPPA Akan Launching Desa Ramah Perempuan Anak Se-Kota Pariaman

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,Pariaman – Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menyampaikan Apresiasi Kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Selasa (22/11/2022), di Kementerian PPA untuk Komitmen Pemberdayaan dan Perlindungan Pada Perempuan dan Anak Melalui Gerakan Desa Ramah Perempuan Anak Se-kota Pariaman yang akan di resmikan 08 Desember 2022 mendatang.

Genius menjelaskan saat ini Kota Pariaman sudah memiliki empat desa masing-masing di kecamatan sebagai model untuk desa ramah perempuan dan anak, kemudian ada tambahan dua desa atas inisiasi kepala desa untuk membentuknya dan akhirnya Kota Pariaman akan deklarasikan seluruh desa dan kelurahan di Kota Pariaman.

Pada saat yang sama, Wali Kota juga akan melakukan MOU dengan Kapolres dan Kajari tentang Layanan Korban dan Penindakan hukum terhadap pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Genius menjelaskan, kehadiran Buk Menteri bukan hanya memberi semangat khusus untuk kota Pariaman tapi untuk Sumatera barat secara keseluruhan, dengan sistem matrilineal perlakuan terhadap perempuan harus lebih baik lagi.

Kota Pariaman telah memiliki Perda Ketahanan Keluarga nomor 8 tahun 2022 yang merupakan sebuah inovasi contohnya seperti sistem nikah terencana untuk pengurangan angka perceraian dan amankan keluarga yang disingkat dengan SI NINA RANCAK dan Kota Genius (Kota Generasi Aman Ibu Sejahtera).

Dalam kegiatan selanjutnya, di Kota Pariaman nanti, Buk Menteri melalui deputinya juga akan memberikan pelatihan untuk peningkatan kapasitas SDM yang sering terlibat dengan persoalan kekerasan, dengan narasumber dari Kemen. PPA, Kepolisian, Rumah Sakit Tarakan Jakarta yang difasilitasi UNDP Indonesia.(rel)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts