Merawat Semangat Sumpah Pemuda Sebagai Pembersatu Bangsa

  • Whatsapp
Sepri Wandi (Foto. Dok. Istimewa)

Oleh: Sepri Wandi

28 Okotiber merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa indonesia, yang selalu diperingati dalam rangka mengenang dan mengkristalisasi perjuangan panjang bagi para pemuda diseluruh penjuru dari Sabang sampai Merauke. Hari yang persejarah itu memberikan arti pentingnya pergerakan pemuda bagi bangsa indonesia, sehingga melahirkan sebuah bangsa, tanah air, dan bahasa yang satu Indonesia.

Read More

Sumpah pemuda tidak terjadi begitu saja tanpa semangat dan perjuangan para pemuda untuk melahirkan persatuan bagi bangsa, sehingga tidak ada lagi perbedaan kita sebagai suku, adat, ras, dan agama. Karna didalam perjuangan suatu bangsa, kita haruslah menghilangkan perbedaan kelompok untuk mewujudkan tujuan yang lebih besar yaitu persatuan indonesia. Karna dengan persatuan lah bangsa Indonesia dapat membangun kekuatan dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Sehingga saat ini kita bisa menyaksikan hasil sejarah perjuangan pemuda yang dapat membuktikan pentingnya persatuan dalam melakukan sebuah perjuangan. Sebagai bangsa, perjuangan itu terus berlanjut karna merdeka bukan berarti berhenti dalam berjuang bahkan tugas yang besar bagi para pemuda dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa. Untuk itu di usia yang ke-93 tahun semangat sumpah pemuda haruslah di rawat sehingga kita bisa memastikan atri persatuan dan kemerdekaan itu bener-bener ada.

Ditengah persoalan bangsa yang telah diselimuti dengan permasalahan pendidikan, ekonomi, dan sosial dikerenakan masih berkembangnya covid-19, kemudian ditambah lagi persoalan ini di tompangkan oleh persoalan politik yang hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok saja. Lalu apa arti persatuan dan sumpah pemuda yang kita peringati di setiap tahunnya, apakah hanya sebagai eksistensi bangsa ataupun hanya sebagai penambahan program kerja pemerintah saja.

Seharusnya dengan adanya sumpah pemuda yang menjadi janji suci bagi setiap masyarakat indonesia haruslah bisa menjadi landasan kita untuk terus berjuang bersama-sama dalam menghadapi persoalan yang muncul pada saat ini. Permasalahan pendidikan yang belum ditemukan solusi kongktitnya, sehingga masih banyak pengeluhan bagi anak bangsa dalam mendapatkan pendidikan. Persoalan ekonomi yang membuat indonesia jatuh kejurang resasi dan persoalan-persoalan lainnya yang masih berada di pundak bangsa.

Oleh karena itu Barisan Milenial Pesisir selatan mengajak dan menghimbau kepada seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Mengingat sejarah perjuangan pemuda merupakan cara terbaik dalam membangun kesadaran untuk bersatu dan bangkit kembali. Untuk para pemuda ingatlah jika dilahirkan di negri ini maka haruslah memiliki tugas sebagai pemasti bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda itu masih ada dan menyatu dalam tubuh bangsa indonesia.

*//Penulis adalah Ketua Umum Barisan Milenial Pesisir Selatan

Related posts