Minuman Khas Minangkabau Hantar M.Hadid Qosim Nominator Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

  • Whatsapp
M.Hadid Qosim, Nominator Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2021. Foto: Istimewa

 

LIMAPULUH KOTA, MINANGKABAUNEWS,- Inovasi, kreatifitas, kolaborasi dan semangat kepemudaan melangkahkan kaki M.Hadid Qosim (24), pemuda Jorong Padang Ambacang, Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai utusan Pemuda Pelopor tingkat nasional di bidang pangan melalui minuman olahan berbahan daun Kopi yang diberi nama Kawa Naiak Daun.

Read More

Minuman khas Minangkabau ini kembali diangkat Hadit menjadi sebuah produk minuman kemasan yang diberi nama Kawa Naik Daun. Diketahui Aia kawa atau kawa daun adalah minuman dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun kopi memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau. Bahkan kandungan mangiferin di dalamnya bermanfaat sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol darah, hipertensi dan penyakit lainnya.

Berangkat dari keprihatinan Hadid melihat kesejahteraan lingkungan tempat tinggalnya terkhusus petani Kopi. Anak pertama dari empat bersaudara ini memiliki keinginan untuk membantu masyarakat melalui inovasi membuat minuman kemasan berbahan dasar Daun Kopi. Tahun 2020 Awal mula berdirinya Kawa Naiak Daun, banyak kendala yang Hadid temui. Mulai dari modal produksi, keterbatasan alat pengolahan, daya beli masyarakat yang rendah dikarenakan masa Pandemi Covid-19.

“Inovasi ini sempat diragukan oleh sebagian orang, namun rasa yakin dan doa saya harus terus bergerak dan berbuat untuk kebaikan bersama. Terimakasih kepada kedua orang tua saya dan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang selalu memberikan semangat dan bantuan pengembangan usaha yang kami lakukan,” kata Hadid.

Dijelaskannya, produk ini menjadi bagian dari sebuah gerakan ekonomi masyarakat di wilayah tempat tinggalnya. Pesanan atau order dari beberapa wiliyah di Indonesia juga sudah dijangkau.

“Upaya mendapatkan posisi strategis dipasar untuk produk Kawa Naiak Daun terus kami lakukan. Kolaborasi, inovasi dan kreatif ini menjadi kunci dalam bidang usaha kami,” tambahnya.

Rasa bangga juga dirasakan oleh orang tua Hadid, dirinya mengaku inovasi yang di cetus Hadit dan kreatifitas bersama temen-temannya selalu mendapatkan dukungan penuh darinya.

“Alhamdulillah Hadid mampu menjadikan inovasi membawa nama daerah dengan kopi kawa daun. Saya tahhu persis kegigihannya,” ungkap H.Djoni.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengapresiasi langkah Hadit menuju kesuksesan di tingkat nasional sebagai pemuda pelopor yang memiliki inovasi dan kreatifitas.Dikatakan Safaruddin hal yang dilakukan anak muda yang memiliki talenta dan berdampak positif terhadap lingkungan sekitar perlu mendapatkan pendampingan dan dukungan yang maksimal dan berkesinambungan.

“Terimaksih dan rasa bangga kami kepada Hadid yang telah membawa nama daerah ke tingkat nasional. Ini potensi yang dimiliki para generasi muda Limapuluh Kota, jangan sampai luput dari perhatian pemerintah daerah melaui dinas terkait.” Kata Safaruddin di Rumah dinas Bupati, Rabu (23/92021).

Ditambahkan Safaruddin, pengmbangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM di daerah sangat perlu dilakukan karena menyangkut kepada pembangunan ekonomi yang berkesimbungan. “Upaya dan kerja keras kita bersama sehingga perekonomian di Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan yang signifikan,” tutup Safaruddin. (Rino/Rozi)

Related posts