Monitoring Ketersediaan Sembako, Polres Pasbar Gelar Kegiatan Cooling System di Pasar Tradisional

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Menjelang memasuki bulan suci Ramadan 1445 H / 2024 M, Kepolisian Resor Pasaman Barat Polda Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan kegiatan cooling system mengamplifikasi harga sembako di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

Kegiatan cooling system dilaksanakan oleh Polres Pasaman Barat bersama unsur TNI Kodim 0305/Pasaman beserta Instansi Pemerintah Daerah Pasaman Barat dengan menyambangi para pedagang dan konsumen disejumlah pasar tradisional, Senin (4/3/2024).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto mengatakan, kegiatan cooling system dilakukan untuk memonitoring dan pengecekan harga pangan (sembako) dibeberapa pasar tradisional wilayah hukum Polres Pasaman Barat menjelang bulan suci ramadan 1445 H.

“Hasil pengecekan secara umum untuk harga bahan pokok sembako seperti beras, gula, minyak goreng di pasaran masih normal, serta untuk stok beras masih mengandalkan produksi dari luar Pasaman Barat maupun berasal dari Kabupaten Pasaman Barat,” katanya.

Diterangkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sembako, dikarenakan ulah dari para oknum-oknum distributor yang melakukan penimbunan sehingga bisa berdampak terhadap kenaikan harga sembako di pasaran.

“Petugas gabungan dari TNI dan Polri serta pemerintah daerah, akan turun langsung untuk mengecek ketersediaan sembako menjelang hari raya Idul Fitri dan diharapkan bisa mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Pasaman Barat,” terangnya.

Dikatakan, sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat menjelang bulan ramadan dan Idul Fitri 1445 H yang cenderung naik, sehingga Polres Pasaman Barat berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pasaman Barat.

“Kita juga berkolaborasi dengan Perum Bulog Sub Divre Bukittinggi, TNI dan Polri menyalurkan beras SPHP sebanyak tiga ton yang dilaksanakan di Nagari Bancah Kariang, Kecamatan Kinali. Kabupaten Pasaman Barat,” pungkasnya. (Wisnu)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts