Motivasi, Baznas Kota Solok Ganjar Muzakki Dengan Penghargaan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Baznas Kota Solok Ganjar Muzakki dengan penghargaan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk dorongan dan motivasi atas komitmen para Muzakki yang menyisihkan sebagian hartanya untuk fakir miskin dan masyarakat kurang mampu.

Di hubungi MinangkabauNews.com, Kamis (12/1/2023), Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Purn) M. Zaini menyebutkan bahwa pemberian penghargaan pada para Muzakki bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para Muzakki lainya, yang sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan syari’at Islam.

Read More

Para Muzakki terutama yang belum sempat menunaikan kewajiban rukun Islam yang keempat ini, yang hukumnya wajib bagi tiap muslim, harus kita dorong, ajak, motivasi agar mau membayarkan zakatnya ke Baznas Kota Solok.

“Pentingnya zakat telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya yang dinarasikan Ibnu Umar RA, “Islam dibangun di atas lima perkara ; syahadat, bahwa tidak ada Rabb yang haq selain Allâh dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan dan haji ke Baitullah bagi siapa yang mampu” sebut Zaini.

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam sikap saling menyayangi, mengasihi dan melindungi adalah seperti jasad yang satu, bila ada satu anggota jasad yang sakit maka anggota lainnya akan ikut merasakannya dengan tidak tidur dan demam” tambahnya.

Muzakki adalah sebutan bagi orang yang membayar zakat dari sebagian harta miliknya. Kewajiban yang dibebankan ini tentunya telah dilengkapi dengan aturan syariat.

Harta yang wajib dizakatkan adalah harta yang sudah memenuhi haul atau nishab.

Haul atau nishab adalah batasan atau takaran harta yang wajib dizakatkan. Orang yang diwajibkan berzakat hanyalah orang muslim. Meski begitu tidak semua orang muslim bisa disebut dengan muzakki. Orang yang hartanya tidak memenuhi haul, maka tidak bisa disebut dengan muzakki.

“Tak hanya perkara hartanya yang sudah mencapai batas aturan zakat, seorang muzakki ternyata juga harus memenuhi syarat agar bisa menunaikan zakatnya” jelasnya.**”


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts