MTQ Ke XI 2024 Tingkat SD dan SMP se-Nagari Ophir Resmi Ditutup, TPA Surau Nurul Huda Kembali Raih Juara Umum

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XI tahun 2024 tingkat pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Nagari Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup oleh Wakil Bupati Risnawanto, Rabu (27/3/2024) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin Nagari Ophir, dari tanggal 22 sampai 27 Maret 2024, yang diikuti puluhan peserta dari perwakilan masing-masing Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid dan Mushalla di wilayah Nagari Ophir.

Seluruh peserta bersaing secara ketat dalam setiap cabang yang diperlombakan seperti, Tahfiz Qur’an, Tilawah, Pildacil, Cerdas Cermat dan Adzan khusus peserta putra, sehingga hasil penilaian akhir kembali mengantarkan TPA Surau Nurul Huda meraih juara umum I dan juara umum II diraih TPA Masjid Nurul Iman, sedangkan juara umum III diraih oleh TPA Mushalla Al-Ikhlas.

Wakil Bupati Risnawanto mengatakan, apresiasi terhadap antusias para peserta dari masing-masing perwakilan TPA Masjid dan Mushalla yang mengikuti kompetisi dalam berbagai cabang perlombaan di MTQ ke XI tingkat SD dan SMP se-Kenagarian Ophir.

Dengan modal kebersamaan dan semangat panitia pelaksana serta para tokoh dan seluruh masyarakat, sehingga kegiatan MTQ ke XI tahun 2024 se-Nagari Ophir tingkat pelajar SD dan SMP, yang merupakan agenda tahunan setiap bulan suci Ramadan dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

“Kita sangat apresiasi kegiatan MTQ ini, sebagai pembinaan terhadap anak-anak serta menumbuhkan kecintaan dan memahami isi kandunga Al-Qur’an,” ujarnya.

Disebutkan, kegiatan MTQ yang dilaksanakan disetiap Nagari, Kecamatan maupun Kabupaten merupakan ajang kompetisi dalam bidang keagamaan. Selain itu, ajang pendidikan dan pembelajaran serta pembinaan terhadap generasi muda.

“Makna dari kegiatan MTQ yakni, agar para anak-anak lisannya selalu basah atau terbiasa dengan membaca Al-Qur’an, sekaligus memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Ditambahkan, kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat, salah satunya MTQ, secara langsung sudah menjalankan dan mendukung program Pemerintah Daerah Pasaman Barat dalam bidang keagamaan, salah satunya program tersebut adalah Tahfiz Qur’an dan Magrib Mengaji yang sudah dilaksanakan disetiap Jorong dan Nagari di Pasaman Barat.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya secara otomatis program unggulan pemerintah daerah di bidang keagamaan sudah dibantu oleh masyarakat, dan alhamdulillah kegiatan keagamaan di Nagari Ophir sudah berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ia berpesan, kepada anak-anak yang berhasil menorehkan prestasi dalam cabang perlombaan diajang MTQ ke XI tahun 2024 se-Nagari Ophir, jangan cepat berpuas diri, tetaplah terus belajar dan persiapkan mental sehingga kedepannya dapat mengharumkan Nagari Ophir dalam mengikuti MTQ ditingkat Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Selamat kepada anak-anak TPA Surau Nurul Huda yang sudah enam kali secara berturut-turut meraih juara umum di ajang MTQ se-Nagari Ophir, sehingga piala bergilir sudah menjadi piala tetap untuk TPA Surau Nurul Huda,” ungkapnya.

Acara penutupan tersebut juga dihadiri oleh Ketua GOW Pasaman Barat Ny. Fitri Risnawanto, Kepala OPD, Camat Luhak Nan Duo, Kepala KUA Luhak Nan Duo, Pj Wali Nagari Ophir, Kepala Jorong, Da’i Nagari Ophir, Pemuda Pemudi Karang Taruna Nagari Ophir, Tokoh Masyarakat serta Pengurus Masjid dan Mushalla Ophir. (Wisnu)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts