Mudik Natal dan Tahun Baru, Pj Bupati Mentawai Launching Layanan Kapal Cepat Antar Pulau

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Jelang mudik Natal dan Tahun Baru tahun ini, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan didampingi unsur Forkopimda gelar launching layanan kapal cepat antar pulau di wilayah Kepulauan Mentawai.

Launching yang berlangsung tadi pagi di halaman Dinas Perhubungan Km 0 dermaga pelabuhan Tuapeijat berlangsung lancar dan tertib, Senin (28/11/2022).

Read More

Dengan launching yang dilakukan tadi, pertanda akses kapal Mentawai fast antar pulau perdana melakukan pelayaran melayani antar pulau yakni Sikakap, Sikabaluan dan Muara Siberut.

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan menyebutkan, bahwa akses Layanan antar pulau kapal cepat sudah lama digagas dan sekarang ini baru bisa terwujud.

Kapal cepat antar pulau saat ini sangat didambakan oleh masyarakat, apa lagi untuk kelancaran mudik natal dan tahun baru tahun ini, ujar Martinus.

Ia juga menyebutkan, bahwa layanan kapal cepat antar pulau ini, akan berlanjut tahun 2023. Layanan antar pulau dengan kapal cepat Mentawai Fast ini bukan hanya tahun ini dan bukan untuk akses layanan mudik natal dan tahun baru saja. Namun untuk tahun depan dan seterusnya, ujar Martinus Dahlan.

Sementara, layanan kapal antar pulau seperti Kapal Nade, Bakkat Menuang dan yang lainnya, nantinya akan melayani daerah kecamatan yang tidak dilayani oleh Kapal cepat.

“Nantinya kapal antar pulau yang lainnya akan melayani masyarakat yang tidak dijangkau oleh kapal Mentawai fast antar pulau, seperti, Kecamatan Siberut Barat Betaet, Peipei, Labuhan Bajau dan Pokai serta daerah lainnya, dan nantinya juga bisa digunakan untuk alat transportasi mengangkut barang-barang dan penumpang”, jelas Pj Bupati.

Semoga dengan kegiatan launching layanan kapal cepat antar pulau hari ini, akses layanan yang lebih untuk masyarakat dapat terwujud, ucap Martinus.

Kapal antar pulau yang saat ini terkendala, tentunya membuat warga sangat menyambut baik adanya transportasi yang cepat sampai di tujuan. Dengan demikian ongkos kapal pun tak akan dipandang yang penting cepat berangkat dan sampai lebih maksimal tanpa kendala.

Sementara Layanan kapal cepat antar pulau di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan melayani trayek 4 kali dalam seminggu dengan jadwal yang telah ditentukan. Dan ongkos yang berbeda sesuai rute jarak jauh yang ditempuh, namun terjangkau.

Rute layanan dalam seminggu Senin, Selasa, Kamis dan Jumat Melayani
1. Tuapejat – Sikakap
2. Tuapejat – Siberut
3. Siberut – Sikabaluan
4. Tuapejat – Sikabaluan

Untuk informasi lebih lanjut nanti masyarakat dapat memastikan di papan informasi yang tertera di Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Tirman)

Related posts