Musrenbang Nagari Bukti Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR – Hal tersebut disampaikan oleh Wali Nagari Salimpaung Drs. Marjohan dalam Musrenbang (Musyawarah Pembangunan) nagari di aula KAN Salimpaung, Jum’at 16/9/2022.

” Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingginya kepada seluruh undangan yang telah hadir pada acara ini. Dari 185 surat undangan ,alhamdulillah jumlah undangan yang hadir saat ini mencapai 96%. Ini merupakan bukti bahwa tingkat partisipasi masyarakat nagari Salimpaung dalam proses pembangunan sangat tinggi” puji Marjohan

Read More

Marjohan juga meminta agar masyarakat bersabar dan bersikap arif jika masih ada pembangunan Infrastruktur yang masih terhenti pembangunannya atau belum belum terealisasi sama sekali. Semua ini murni karena keterbatasan Anggaran Dana Desa ( ADD) yang dialihkan demi penanganan Covid-19.

Sementara itu, Camat Salimpaung Herru Rahman menyampaikan bahwa RKP ( Rencana Kerja Pemerintah) dan DURKP ( Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah) Nagari mempunyai peran penting dalam penentuan kewenangan anggaran. RKP merupakan daftar prioritas pembangunan yang pelaksanaannya didanai dari Anggaran Dana Desa/ Nagari sementara DURKP nantinya akan didanai dari APBD atau APBN.

Dinas PMDPPKB ( Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) yang diwakili Kabid Pemerintahan dan Keuangan Nagari A.H. Miza Aziz menyampaikan bahwa ada beberapa agenda penting yang harus disegerakan oleh pemerintah nagari. Antara lain: 1.Penentuan skala prioritas pembangunan nagari. Utamakan kepentingan bersama, bukan kepentingan pribadi ,kelompok/ golongan. 2. Penetapan tapal batas nagari/wilayah.
3. Inventarisasi aset atau kekayaan nagari serta segerakan penyusunan APB (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Nagari sebelum Desember setiap tahun berjalan. (Mi)

Related posts