Muswil ke-42, Buya Shofwan: Muhammadiyah Tidak Mengenal Kompetisi yang ada Semangat Fastabiqul Khairat, Warek II: Muswil Berkualitas adalah Harga Diri UM Sumbar

  • Whatsapp
Konferensi pers persiapan Muswil 42 Muhammadiyah Aisyiyah di Convention Hall Buya Syafei Maarif, Selasa, (13/12)

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Muswil 42 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di UM Sumbar menyisakan 11 hari lagi. Gelaran akbar yang dijadwalkan berlangsung pada 23-25 Desember 2022

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Buya Shofwan Karim mengatakan saya adalah ketua Pimpinan hanya selangkah di depan dari yang lain secara kolegial kolektif dan bukan pemilihan pengurus, 13 formatur terpilih berhak jadi ketua.

Read More

“Kita bukan berkompetisi tetapi berfastabiqul khairat demi ummat dan persyarikatan,” tegasnya

106 Nama Pimpinan Muhammadiyh Sumbar Terjaring

Menurut Ketua Panlih Murisal , saat ini sudah terjaring 106 nama, pada muspim disahkan kemudian dibawa ke arena muswil pada 24 Desember 39 nama kemudian dikerucutkan 13 nama, kemudian 13 nama formatur bermusywarah memilih ketua

Ketua PW ‘Aisyiyah Sumbar, Bunda Meiliarni Rusli mengatakan Tidak ada istilah putra mahkota semua bottom up artinya berasal dari bawah berdasarkan usulan dari PDA se-Sumbar.

Bunda juga menyampaikan tidak ada laporan pertanggung jawaban dari PWA pada saat Muswil, karena laporan sudah dikirim sebelum Muswil berlangsung kepada masing-masing daerah.

61 Nama siap Jadi Ketua PWA Sumbar

Terkait dengan pencalonan pimpinan Aisyiyah, kata Bunda, saat ini sudah terjaring 61 nama berdasarkan usulan dari PDA se-Sumbar kemudian nama-nama tersebut dibawa ke arena muswil untuk disahkan kemudian dikerucutkan menjadi 33 kemudian dipilih lima formatur, lima nama untuk memilih ketua dan menambah 6 anggota, jadi jumlah PWA menjadi 11 orang.

Ketua Panitia Muswil, Buya Nurman Agus, menjelaskan semua peserta akan menginap di Asrama Haji embarkasi Padang sedangkan lokasi bermusyawarah di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Sumbar. Selain acara Muswil Muhammadiyah, di tempat yang sama dan waktu bersamaan juga diselenggarakan Muswil ‘Aisyiyah Sumatera Barat.

“Kami mentradisikan kebersamaan antara Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Insya Allah inilah bentuk khidmat kami bagi umat,” katanya menegaskan

Sementara itu, Ketua SC Muswil Muhammadiyah Aisyiyah ke-42, Buya Bachtiar mengatakan dalam muswil nanti akan dibahas Program Umum yakni Konsolidasi Ideologis, Konsolidasi kelembagaan, Ketahanan Keluarga Dan Pemberdayaan Komunitas, Partisipasi Keumatan, Kebangsaan, Dan Kemanusiaan
Universal.

Kemudian Program perbidang ada 22 bidang terdiri dari Bidang Tarjih dan Tajdid, Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Kader, Pembinaan Kesehatan Umum, Pelayanan Sosial, Ekonomi, Wakaf dan Kehartabendaan, Pemberdayaan Masyarakat, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Lingkungan Hidup, Pustaka dan Informasi,
Pembinaan Cabang dan Ranting, Pembinaan dan Pengawasan Keuangan, Penanggulangan Bencana, Zakat, Infak, dan Shadaqah, Hikmah dan Kebijakan Publik, Seni, Budaya, dan Olahraga, Pengembangan Pondok Pesantren, Dakwah Khusus, Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thoyyiban dan Pembinaan Haji dan Umrah.

Selain itu dibahas isu-isu strategis penerapan dan implementasi perda di provinsi Sumbar, penerapan dan implementasi ABS-SBK. Dan implementasi dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Bachtiar juga menambahkan semua yg dirumuskan diatas mengacu pada hasil muktamar Muhammadiyah yang disesuaikan dalam konteks Sumbar.

UM Sumbar Dukung penuh Muswil

Warek II UM Sumbar, Dr. Mursal mengungkapkan, persiapan untuk Muswil 42 nanti mayoritas sudah tuntas, termasuk untuk persiapan pembukaan. Kapasitas pada pembukaan sebanyak seribu orang tamu undangan dan perwakilan.

“Insya Allah semua sudah disiapkan secara matang, termasuk untuk acara pembukaan. Untuk kesiapan tempat dan teknis tempat pemilihan,” katanya.

Dia menegaskan UM Sumbar siap kerahkan seluruh potensi yang kita miliki untuk memyukseskan Muswil terpadu. “Bagi UM Sumbar Muswil berkualitas adalah harga diri UM Sumbar,” imbuhnya.

Hadir dalam konpres persiapan Muswil itu, Ketua Organizing Commitee Buya Nurman Agus, Steering Commitee Buya Bachtiar, Warek II Dr. Mursal, Ketua OC dari Aisyiyah Dr. Hermawati, Ketua PWA Sumbar Bunda Meiliarni Rusli, Sekretaris Delvina, Syamsurizal, Hendri Navigator dan Marhadi Effendi.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts