Muswil Muhammadiyah-‘Aisyiyah Sumbar ke-42, Tantangan, Harapan dan Hasilnya

  • Whatsapp

Oleh Rahmat Ilahi, SH, S. Kom

(Wakil Ketua PWPM Sumbar & Wakil Sekretaris MPI PWM Sumbar)

Read More

Musyawarah Wilayah (Musywil) Ke-42 Muhammadiyah Sumbar telah usai. Tidak bisa disangkal, inilah Musywil termeriah dan tersukses yang selama ini dilaksanakan di AUM kebanggaan Muhammadiyah Sumatera Barat yakni UM Sumbar. Bahkan Buya Anwar Abbas menaruh harapan besar kepada 13 Formatur khususnya Tokoh Muda Buya Bakhtiar selaku ketua Terpilih

Hebatnya lagi, kemeriahan ini tidak ada yang luput dari pantauan atau pemberitaan minangkabaunews.com—media favorit warga Muhammadiyah Sumbar. Mulai dari persiapan, penjaringan calon, kepanitiaan, acara-acara pendukung, pembukaan Muswil di UM Sumbar beserta agenda acaranya, tokoh tokoh yang hadir, hingga acara puncak pemilihan.

Meskipun Muswil ini tertunda dua tahun dari jadwal yang seharusnya tahun 2020, karena pandemi Covid-19 namun spirit pimpinan Muhammadiyah Sumbar dari daerah hingga ranting mengikutinya sangat tinggi. Sebagai warga Muhammadiyah, kita berdoa agar para PW Muhammadiyah Sumbar yang terpilih adalah mereka yang memiliki ketulusan, keikhlasan dan daya juang tinggi dalam mengemban amanah, sebagaimana daya juang para panitia dengan penuh ketulusan dan keikhlasan mensukseskan Muswil.

Muswil telah menghasilkan konfigurasi elite kepemimpinan yang kombinasinya cukup menarik. Banyak mantan politisi, ulama, aktivis, petahana dan tentu banyak wajah baru yang dapat berkontribusi bagi kemajuan Muhammadiyah Sumbar di masa depan. Musywil menghasilkan figur yang dapat dikelompokkan dalam dua perspektif:

Pertama, figur lama yang telah mewarnai perkembangan Muhammadiyah Sumbar selama ini, mereka tetap diharapkan oleh Musywirin mewarnai perjalanan Muhammadiyah Sumbar ke depan, beberapa nama dapat disebut seperti Dr. Bachtiar dan Dr. Firdaus, mereka adalah para elite Muhammadiyah Sumbar periode sebelumnya yang cukup terkenal di kalangan Muhammadiyah Sumbar.

Kedua, munculnya banyak wajah baru sebagai bagian dari kemajemukan warga Muhammadiyah, wilayah dan juga tuntutan agar ada figur muda. Dalam hal ini, kehadiran 11 nama ini menarik

Munculnya nama Apris Mantan Anggota DPRD Sumbar yang juga Ketua Hizbul Wathan Sumbar. Kini diamanahkan menjadi Sekretaris PWM Sumbar periode 2022-2027.

Munculnya Dr. Sobhan Lubis yang juga merupakan Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar.

Kemudian Drs. H. Marhadi Efendi, M.Si yang sebelumnya adalah MDMC sekaligus BPH Politeknik Aisyiyah Sumbar di Gunung Pangilun.

Selanjutnya ada Ki Jal Atri Tanjung, S.Pd, SH, MH seorang advokat senior asal Air Bangis (Pasbar) yang juga sumando rang Palangki (Sijunjung), sebelumnya adalah Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting.

Berikutnya Dr. Murisal, S.Ag, M.Pd sebelumnya merupakan Ketua Majelis Pendidikan Kader PWM Sumbar.

Kemudian ada Ir. Yosmeri Yusuf seorang pengusaha yang juga pengamat politik dan sosial pemerintahan.

Dr. Zam Rais seorang pengamat terorisme yang juga anggota Senat UM Sumbar kali ini dipercaya juga menjadi PWM Sumbar.

H. Abdul Salam, S.Ag, M.Hum yang sebelumnya sebagai Ketua Majelis Tabligh juga dipercaya sebagai PWM Sumbar.

Muhammad Najmi yang dikenal sebagai anggota Majelis Lingkungan Hidup PP. Muhammadiyah sekaligus pengusaha muda yang sukses di Yogyakarta kali ini juga Pulang kampung mengisi kursi PWM Sumbar.

Dr. H. Zaitul Ikhlas, M.Si sebagai seorang mubaligh kondang dan konsultan kepolisian Polda Sumbar juga dipercaya menjadi PWM Sumbar.

Terakhir munculnya pemimpin dari daerah, Dr. H. Ismail Novel, M.Ag yang sebelumnya Ketua PDM Bukittinggi naik menjadi PWM Sumbar lima tahun kedepan.

Dan tentunya dibarisan bunda-bunda Aisyiyah hadirnya seorang dosen nan energik Universitas Negeri Padang Dr. Syur’aini dan Sekretaris PW Aisyiyah Sumbar Delvina sebagai tokoh muda PAW Sekretaris PWA Sumbar periode 2020-2027.

Selain dua nama tersebut ada juga nama Yarmis Syukur, Marnis Nurut, Nurasni Abbas, Bunda Meiliarni Rusli, Yusmawati, Syarlinawati, Hurriyah Chair, Yunita dan Hermawati Lubis

Semoga terpilihnya 13 Anggota PW Muhammadiyah Sumbar dan 11 Anggota PW ‘Aisyiyah dapat Memajukan Sumbar dan Mencerahkan ummat sebagai mana tema Muswil Ke-42 Muhammadiyah Sumbar. Fastabiqul khairat.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts