Napak Tilas Tour d’ Singkarak, Bupati Solok Buka Secara Resmi Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian

MINANGKABAUNEWS, AROSUKA – Bupati Solok Epyardi Asda, Sabtu (29/10/2022), di Alahan Panjang Resort, membuka secara resmi acara Gowes Wisata Salingka Danau dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022.

Hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, Sekdakab Solok medison, Asisten I Syahrial, Asisten II Syaiful, Asisten III Edityawarman, Staf ahli, Camat, Forkopincam, Walinagari, KAN, BPN, dan masyarakat sekitar.

Read More

Gowes Salingka Danau merupakan kegiatan perdana sekaligus juga napak tilas dari event tour de Singkarak, yang lebih meningkatkan kepada pariwisata sambil bersepeda.

Menikmati alam Kabupaten Solok, dimana acara ini kolaborasi kesenian, bazar UKM dan ekonomi kreatif sambil Bersepeda.

“Ini merupakan momen Hari Sumpah Pemuda ke 94, dengan harapan semangat sumpah Pemuda menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok dan peningkatan perekonomian masyarakat” kata Epiyardi.

Di sponsori BUMN/D/S, BPJS Kesehatan serta OPD terkait, Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian ini berlangsung dari tanggal 29 – 30 Oktober 2022.

Hari pertama diawali dengan seni, pameran dan UKM, dan tanggal 30 dilaksanakan pelepasan gowes yang menempuh jakur wisata sepanjang 24 Km melintasi Alahan Panjang, Danau Diatas Resort, Simpang Tanjuang Nan IV, Danau Talang dan finish di Alahan Paniang Resort.

Bupati menyebutkan Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian bertujuan untuk menarik wisatawan tertarik datang ke Alahan Panjang Resort.
Selain itu dampaknya pada sektor ekonomi masyarakat di Alahan Panjang akan lebih baik.

“Kita berharap dengan acara Gowes Salingka Danau dan Festival Kesenian akan menarik investor untuk bekerjasama dengan Pemakan Solok. Seperti membangun dan mempercantik tampilan Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang” ujarnya.

Epiyardi juga menginginkan kesenian anak nagari dilakukan pembinaan dengan cara membentuk Dewan Kesenian yang berada di bawah Dinas Pariwisata.

“Diminta dinas terkait agar membuat surat edaran yang berisi tentang himbauan kepada seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pembinaan kesenian anak nagari. Bina anak muda kita dengan sungguh-sungguh agar bisa tampil lebih baik” tekanya.

“Pesan saya, kedepannya, Gowes Salingka Danau ini harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dan matang. Jika sudah disiapkan dengan matang akan berdampak positif bagi daerah, terutama dalam hal promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan Kesenian” pesanya.

Related posts