Ngeri! Amerika Kirim Pesawat Bomber Canggih Bantu Afghanistan Gempur Taliban

  • Whatsapp
Pesawat bomber B-52
Pesawat bomber B-52 (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL — Amerika Serikat (AS) mengerahkan pesawat pengebom B-52 untuk membantu pasukan Afghanistan memerangi Taliban. Basis Taliban di Provinsi Jawzjan jadi target serangan.

“Perkumpulan Taliban ditargetkan oleh (pesawat) B-52 di kota Shebergan, provinsi Jawzjan, hari ini pukul 18:30. Para teroris menderita banyak korban akibat serangan Angkatan Udara AS,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Fawad Aman lewat akun Twitter resminya pada Sabtu (7/8), dikutip laman Anadolu Agency.

Read More

Taliban belum memberikan komentar atau respons atas serangan tersebut. Pada Sabtu lalu, otoritas keamanan Afghanistan mengatakan bahwa kota Shebergan telah jatuh ke tangan Taliban. “Sayangnya kota ini (Sheberghan) telah jatuhnya sepenuhnya,” kata Wakil Gubernur Jawzjan Qader Malia, dikutip laman Al Arabiya.

Dia mengungkapkan, pasukan dan pejabat pemerintah telah mundur ke bandara di pinggiran kota. Malia menyebut, mereka bersiap memukul mundur kembali perlawanan Taliban di sana.

Sejak Mei lalu, Taliban melancarkan serangkaian serangan ke sejumlah wilayah di Afghanistan. Hal itu dilakukan saat pasukan asing di negara tersebut, termasuk AS, mulai hengkang. Saat ini Taliban sudah menguasai sebagian besar pedesaan di Afghanistan.

Related posts