Ngevlog di Bukittinggi, Youtuber Mgdalenaf Kagumi UMKM Kuliner Ayam Pop

  • Whatsapp
Youtuber, Magdalena Fridawati, bekunjung mencicipi kuliner di Rumah Makan Family Benteng, Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Magdalena Fridawati, selebgram sekaligus Youtuber dengan akun Mgdalenaf berkunjung ke Kota Bukittinggi, Sumbar beberapa waktu lalu. Di Kota Jam Gadang itu, Magdalena terkagum-kagum dengan nikmatnya Ayam Pop, salah satu menu andalan Rumah Makan Family Benteng.

Lewat iven bertajuk UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum, Magdalena juga berkeliling Pulau Sumatera di 6 kota, mulai dari Lampung, Bangka, Belitung, Palembang, Padang dan Medan. Magdalena mengatakan, tujuan diadakannya gerakan ini, untuk bisa bersama-sama membantu mempromosikan UMKM yang didatangi secara meluas.

Read More

“Tidak hanya bergerak dari diri saya sendiri melalui platform yang saya miliki, namun saya juga mengajak teman-teman dan masyarakat diluar sana untuk dapat turut andil dalam membantu UMKM melalui platform yang mereka miliki,” ujarnya, diwawancara wartawan, Rabu (1/12).

Rumah Makan Family Benteng sebagai salah satu UMKM bidang kuliner yang letaknya dekat Benteng peninggalan jaman Belanda yakni di Benteng Fort De Kock. UMKM ini berdiri sejak tahun 1950 dan bermula dari sinilah Ayam Pop pertama kali diperkenalkan dan dijual di Indonesia.

Asal mula nama ayam pop itu ternyata masakan ayamnya sudah sangat populer sejak dahulu diperjual belikan dan disukai oleh masyarakat setempat, kemudian oleh sang penjual diberi nama Ayam Pop yang merupakan kepanjangan dari Ayam Populer.

“Uniknya Ayam Pop ini juga memiliki perbedaan dibanding jenis masakan ayam lainnya, karena tidak di sengaja ayam tersebut dimasak dalam waktu yang cepat sehingga berbeda dengan ayam goreng biasanya yang kering dan berwarna kuning keemasan,” beber Magdalena di Chanel Youtubenya.

Ternyata selama Magdalena membantu para UMKM kuliner di Jawa, Bali dan Sumatera, masih banyak pelaku UMKM kuliner yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk menarik para pelanggan datang karena mereka masih berjualan secara konvensional dan masih menggunakan cara marketing mereka masing-masing yang belum tersentuh oleh hebatnya teknologi masa kini.

Selain itu kondisi rumah makan yang tidak mendapatkan perhatian lebih juga menjadi fokus perhatian dari program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum.

Sesuai tujuan awal, katanya, program tersebut ditujukan untuk membantu mendigitalisasi para UMKM bidang kuliner yang dikunjungi. Yakni dengan cara pemanfaatan platform MGdalenaf sebagai wadah promosi kepada para masyarakat luas untuk mengetahui betapa unik dan lezatnya makanan yang disajikan oleh beberapa UMKM.

“Sudah selayaknya kita saling bantu untuk meningkatkan penjualan UMKM bidang kuliner yang sedang dalam masa keterpurukan di situasi pandemi seperti sekarang ini dengan cara mengunjungi, mencicipi dan mempromosikan dengan cara kita masing-masing,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Magdalena pun juga berharap kepada Teh Pucuk Harum yang memiliki komitmen mendukung perkembangan UMKM di Indonesia untuk terus membantu para UMKM bidang kuliner di kota-kota lainnya yang masih banyak memerlukan bantuan dan perhatian karena efek dari pandemi covid-19.

Melihat banyaknya respon positif yang diterima dengan menjalankan program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum, ia berharap akan ada lebih banyak lagi UMKM bidang kuliner di kota-kota lainnya di Indonesia.

“Harapan UMKM kita terbantu dengan diadakan program seperti ini dan para pelaku UMKM dapat kembali bangkit serta melahirkan inovasi baru dalam menyajikkan sajian kuliner,” tutur Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia.

Yustina mengatakan, dengan program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum di masa pandemi, merupakan sebuah bukti nyata dalam membantu UMKM bidang kuliner di Indonesia. Agar para pelaku UMKM terus bangkit membuat inovasi baru dalam bentuk sajian yang unik dan khas serta disukai masyarakat khususnya para penggiat kuliner.

Pada program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum masih mengusung konsep yang sama untuk membantu para UMKM di bidang kuliner yang mengalami penurunan omset ataupun bergantung pada penghasilan sehari-hari.

Namun yang membuat program kali ini berbeda dari sebelumnya adalah Magdalena mengadakan Digital Activation dengan judul #UMKMHuntingWithMGDALENAF #DitemeninTehPucukHarum.

“Gerakan digital ini merupakan sebuah ajakan kepada followers dan subscribers Mgdalenaf atau pun masyarakat yang sudah menonton tayangan video YouTube UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum di Pulau Sumatera untuk bisa turut serta membuat sebuah konten makanan/kuliner sekreatif mungkin tentang UMKM yang telah didatangi Magdalena di pulau Sumatera,” jelasnya.

Para peserta yang mengikuti gerakan digital ini dapat mengunggah konten pada akun Instagram masing-masing dengan unggahan berupa Instagram Story/Feed/Reels.

Sertakan juga caption secara singkat yang menceritakan tentang UMKM yang didatangi, lalu gunakan hashtag #UMKMHuntingWithMGDALENAF #DitemeninTehPucukHarum, kemudian mention satu orang teman untuk bisa ikut serta gerakan digital ini dan tak lupa juga untuk Tag dan follow akun Instagram @mgdalenaf dan @pucukharumid.

Lima orang pemenang akan dipilih dari setiap konten UMKM pilihan yang di unggah dan masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa e-voucher serta persediaan produk Teh Pucuk Harum. Periode gerakan digital ini dapat diikuti dari tanggal 7 November 2021 hingga akhir Desember 2021. (akg)

Related posts