OIKN: perayaan HUT RI di IKN jadi upacara selamat datang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, DENPASAR, BALI – Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 merupakan upacara selamat datang.

“Ini adalah upacara transisi untuk mengucapkan selamat datang kepada ibu kota baru,” kata dia ditemui usai acara puncak Reforma Agraria Summit 2024 di Denpasar, Bali, Sabtu.

Dirinya menyampaikan pelaksanaan upacara tersebut akan dilakukan secara hybrid di dua tempat yakni IKN, Kalimantan Timur, serta di Jakarta.

Ia menjelaskan untuk di IKN akan ada Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, sedangkan di Jakarta digelar bersama Wakil Presiden Kiai Haji Ma’ruf Amin, serta dengan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Raja Juli berargumen hal itu dilakukan untuk mengingat peran penting Jakarta sebagai ibu kota sebelumnya dalam proses pembangunan dan pemajuan Indonesia.

Lebih lanjut ia mengatakan setelah pelaksanaan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang, pemerintah berencana merealisasikan upacara kemerdekaan di tahun 2025 secara penuh di IKN.

“InsyaAllah tahun depan (2025) upacara akan penuh ada di IKN,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan Upacara HUT Ke-80 RI pada 17 Agustus 2025 akan dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur saja, setelah perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN Nusantara dilakukan.

Presiden Jokowi mengatakan Upacara 17 Agustus pada tahun depan dilakukan di IKN setelah Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpindahan IKN diterbitkan.

“Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti (upacara) di IKN saja,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Related posts