Ombudsman RI Kunjungi Mentawai, Turun Lapangan Kaji Kemajuan Sektor Pertanian

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Rombongan Ombudsman RI beri penilaian di Kabupaten Kepulauan Mentawai terkait pelayanan publik yang difokuskan pada sektor pertanian.

Anggota Ombudsman RI yang berkunjung di Kabupaten Kepulauan Mentawai Yeka Hendra menyebutkan, bahwa Mentawai adalah daerah pulau terluar bagian barat yang berpotensi pada sektor pertanian. Tanah yang subur sangat dimilikinya.

Read More

“Maka dari itu, Mentawai harus mandiri pangan, Mentawai sudah puluhan tahun selalu defisit pangan, jadi masyarakat Mentawai harus mengelolanya,” ujar Yeka di Aula Desa Sipora Jaya, Selasa, (14/03/2023).

Yeka mengatakan, Pemkab setempat harus dibangunkan, sudah saatnya pemerintah daerah memiliki mindset kearah kemajuan pertanian, sehingga Kabupaten Kepulauan Mentawai itu menjadi daerah mandiri pangan, sambungnya.

Setidaknya, Padi atau Sayuran dapat tersedia di Mentawai tanpa bergantung dari luar daerah, ujarnya.

Kabupaten kepulauan Mentawai memiliki lahan yang subur, dan itu dapat dilihat dari berbagai tanaman yang tumbuh subur dan berbuah enak.

Yeka menyampaikan, sekarang ini ada permasalahan, yaitu layanan-layanan dasar, seperti petani kesulitan dalam mencetak sawah, kesulitan membangun irigasi dan kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Tugas kita disini mengharuskan kita agar kendala ini segera diperbaiki, jelasnya.

Diketahui, kedatangan tim Ombudsman ke mentawai tidak hanya sekedar mendengar keluhan masyarakat, tetapi langsung turun ke lapangan untuk melakukan korscek pelayanan publik.

Nantinya hasil temuan dilapangan, pihak Ombudsman RI akan meneruskannya kepada Menteri Pertanian dan Kehutanan, sehingga persoalan tersebut memberikan jawaban dan solusi agar Mentawai menjadi Kabupaten mandiri pangan. (Tirman)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts