Pakai Alat Ini, Rendang di Padang Bisa Tahan Hingga Dua Tahun

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Masakan rendang khas Minang selama ini hanya mampu tahan selama lebih kurang dua bulan saja. Lebih dari dua bulan, rasanya sudah berubah dan tidak enak lagi dikonsumsi.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang telah menyiapkan alat yang mampu menjadikan rendang tahan lama. Alat tersebut yaitu Retort. Melalui retort ini, rendang dapat bertahan hingga selama dua tahun.

Read More

“Kita punya Retort yang mampu menjadikan rendang tahan lama,” ungkap Dian Fakhri Kepala Disnakerin Kota Padang, Kamis (10/2/2022).

Mesin ini memiliki teknologi “Retort Pouch” yaitu mesin pengolah Retort yang memungkinkan disimpannya makanan hasil pemrosesan pada temperatur ruang. Mesin Retort ini sudah diperdagangkan lebih dari 40 tahun yang lalu.

“Mesin Retort kita taruh di Sentra Rendang di Lubuk Buaya,” jelas Dian Fakhri.

Dian juga menambahkan belum ada satupun Industri Kecil Menengah (IKM) di Padang yang memiliki mesin Retort. Dian menyebut agar IKM memanfaatkan alat tersebut. Sehingga nantinya produk yang dihasilkan dapat tahan lama.

Sementara itu, jika tidak ada aral melintang, Wali Kota Padang beserta seluruh jajaran kerjanya akan melakukan kegiatan “Marandang Basamo”. Kegiatan memasak rendang bersama ini dilakukan di Sentra Rendang di Lubuk Buaya pada Sabtu (12/2/2022).

“Kegiatan ‘Marandang’ kita mulai dari pagi hingga sore,” jelas Kepala Disnakerin Kota Padang. (Mj)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts