Pasar Buah Belilas Inhu Besok Beroperasi Usai Dua Karyawan Positif Covid-19

  • Whatsapp
Pasar Buah Belilas Inhu
Pasar Buah Belilas Inhu.

MINANGKABAUNEWS, INHU RIAU — Setelah sempat ditutup sementara akibat 2 karyawannya positif Covid-19, Pasar Buah (PB) Belilas, Kecamatan Sebrida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau besok sudah mulai beroperasi kembali dengan syarat mengacu pada prokes atau edaran intruksi Mendagri nomor 11 tahun 2021.

Camat Sebrida, Roma Doris selaku Ketua Tim Satgas Covid-19 mengatakan, setelah dilakukan tes swab ke semua karyawan, terbukti 2 orang positif Covid-19 berdasarkan Rapid Antigen bukan PCR.

Read More

“Berdasarkan swab kepada 68 karyawan pasar buah terdapat 2 orang positif. Sementara yang positif sudah melaku kan isolasi mandiri, kita juga menyarankan kepada karyawan yang positif Covid-19 untuk isolasi di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah, yaitu di Wisma Atlet Rengat,” jelasnya Jumat (21/5/2021).

Roma Doris juga mengatakan, untuk besok Pasar Buah sudah mulai dibuka atau beroparasi. Pasar Buah selain menyediakan penjualan buah-buahan juga menyediakan pasokan sembako, jika ditutup maka bisa menghambat penyediaan sembako ke masyarakat, dan semua mengacu pada Intruksi Medagri nomor 11 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid 19 ditingkat Desa atau Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Diease 19.

“Kenapa boleh beroperasi karena kita juga mengacu pada intruksi medagri nomor 11 tahun 2021, bahwa kegiatan Usaha Mikro dapat beroperasi dengan mematuhi aturan dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi kegiatan serta harus dalam pengawasan oleh satgas covid hingga semua normal,” ungkapnya.

Di sisi lain, pihak menejemen pengelolah Pasar Buah Belilas, Jimy, saat dikonfirmasi setelah dilakulan swab kepada semua karyawan, dirinya tetap melakukan pemantauan secara ketat terhadap kesehatan para karyawan berkoordinasi dengan tim satgas covid-19 Kecamatan sebrida dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita selaku pengelola akan terus mengembangkan perkembangan karyawan yang sudah ditetapkan atau tidak ditengah pendami Covid-19 saat ini. Dari awal adanya virus wabah Corona Pasar Buah terus mengikuti himbauan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan saat beroperasi,” jelas Jimy.

Masih kata Jimy, dari hasil swab oleh tim Gugu tugas covid Kecamatan Sebrida terdapat 2 karyawan positif, dan saat ini 2 karyawan sudah dilakukan isolasi mandiri serta mengikuti semua imbauan tim Satgas.

“Mulai besok kita bisa kembali dengan membatasi kegiatan serta tetap mematuhi prokes sesuai dengan permintaan dari tim Satgas,” tutup Jimy.

Sementara Kapolsek Sebrida Kompol Hedri Suparto, S.Sos menjelaskan, bahwa semua karyawan Pasar Buah Belilas dilakukan swab oleh pihak Puskesmas Pangkalan Kasai.

“Tadi kita juga membantu mereka saat pengambilan swab dan besok pasar buah sudah bisa beroperasi, yang positif dilakulan isolasi mandiri,” jelas Kapolsek. (RJ)

Related posts