Pastikan Dana Donasi Palestina Disalurkan, Kominfo Kota Solok Minta Masyarakat Jangan Terpengaruh Informasi Tidak Benar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Happy Darmawan, menegaskan bahwa informasi terkait penyalahgunaan dana donasi peduli Palestina adalah tidak benar dan tidak berdasar.

Hingga hari ini, ungkap Heppy, dana donasi peduli Palestina masih aman di rekening BTN Syari’ah cabang Solok.

Read More

Informasi terkait tudingan penyalahgunaan dana donasi Palestina untuk kepentingan tertentu, adalah kesalahpahaman semata. Hingga hari ini dana donasi peduli Palestina masih utuh dan lengkap sejumlah Rp .296.155.146.

Terkait belum disalurkanya dana donasi peduli Palestina tersebut, Heppy menjelaskan Pemerintah Kota Solok bersama Baznas Kota Solok saat ini sedang menunggu surat balasan dari Kedutaan Besar Palestina di Jakarta.

“Berita terkait dana donasi peduli Palestina tersebut hanya kesalahpahaman semata. Kenapa belum disalurkan, Pemerintah Kota Solok saat ini sedang menunggu surat balasan Kedubes Palestina di Jakarta. Kami harap masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi tersebut” Kata Heppy Darmawan Selasa (20/2/2024).

Lebih lanjut Heppy Darmawan menegaskan kepedulian Pemerintah Kota Solok terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Dibuktikan telah dilaksanakannnya upaya penggalangan dana donasi untuk warga Palestina beberapa waktu yang lalu, bekerjasama dengan Baznas Kota Solok.

“Penyerahan dana donasi kemanusiaan untuk rakyat Palestina akan disampaikan menunggu waktu yang tepat dan akan dilakukan sesegera mungkin,” jelas Heppy.

“Informasi tersebut tentu tidak sesuai dengan prestasi Baznas Kota Solok yang baru saja menerima penghargaan dalam kategori indeks kepatuhan syariah dan transparansi dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dengan prediket baik dari Kementerian Agama RI. Jika tidak segera diklarifikasi tentu isu ini akan terus bergulir dan dapat menjadi preseden buruk,” tegasnya.

Happy menambahkan, Pemerintah Kota Solok tetap berkomitmen dan memberikan kepercayaan penuh kepada Baznas menghimpun donasi kemanusiaan untuk Palestina, dan akan terus berkoordinasi memutuskan waktu penyaluran bantuan pada situasi dan kondisi yang tepat.

Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Purn) H. Zaini, SH, dihubungi via Hp menyebutkan, terkait dana donasi peduli Palestina bukan wewenang Baznas Kota Solok untuk mencairkan dan menyalurkan. Pencairan dan penyalurannya merupakan wewenang pemko Solok, dalam hal ini Walikota Solok Zul Elfian Umar.

Jika ada tudingan penyalahgunaan dana donasi peduli Palestina, dipastikan informasi tersebut tidak benar dan salah paham semata. Hingga hari ini dana donasi peduli Palestina masih aman dan lengkap di BTN Syari’ah cabang Solok.

“Informasi itu kesalahpahaman semata, tapi yang jelas dalam waktu dekat dana donasi peduli Palestina tersebut akan segera diserahkan ke Kedutaan Besar Palestina di Jakarta. Baznas bersama Pemko Solok sedang menunggu jawaban dari Kedubes Palestina” Terang Zaini.

Walikota Solok Zul Elfian Umar, ditemui MinangkabauNews.com di rumah dinas Rabu pagi, (21/2/2024), menegaskan segera menyerahkan dana donasi peduli Palestina tersebut ke Kedutaan Besar Palestina, agar tidak menimbulkan polemik berkepanjangan di tengah masyarakat.

“Perwakilan Pemko Solok di Jakarta sudah menghubungi Kedutaan Besar Palestina, kami sedang menunggu balasan kapan Pemko Solok dan Baznas Kota Solok bisa menyerahkannya. Tapi yang jelas hingga saat ini tidak ada penyalahgunaan dana donasi peduli Palestina, karena itu saya berharap masyarakat jangan terpengaruh dengan informasi tersebut” Ujar Wako.***

 


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts